Dark/Light Mode

Dubes RI Fientje Suebu Serahkan Surat Kepercayaan Untuk Niue

Kamis, 21 Juli 2022 07:05 WIB
Dubes Fientje Maritje Suebu (kanan) berbincang dengan Premier Niue Dalton Tagelagi di Wellington, Selandia Baru, Selasa, 19 juli 2022. (KBRI Wellington)
Dubes Fientje Maritje Suebu (kanan) berbincang dengan Premier Niue Dalton Tagelagi di Wellington, Selandia Baru, Selasa, 19 juli 2022. (KBRI Wellington)

 Sebelumnya 
Lebih lanjut, Dubes Fientje menyampaikan beberapa amanat Presiden Jokowi agar terus memperkuat kerja sama dan persahabatan kedua negara di beberapa sektor. Seperti sektor perdagangan, pariwisata, hingga di Forum Kepulauan Pasifik.

Selain itu, Dubes Fientje juga menyatakan kesediaan Pemerintah Indonesia memberikan bantuan teknis per-lindungan lingkungan, dan mitigasi perubahan iklim yang dibutuhkan Niue.

Baca juga : Dubes RI Lena Maryana Lepas Keberangkatan 22 Nakes Ke Kuwait

Kedua negara juga akan bekerja sama di bidang ekonomi untuk dapat saling bangkit dari pandemi Covid-19, serta di bidang sosial budaya. Mengingat, kedekatan hubungan antara masyarakat Indonesia dan Niue yang merupakan rumah terbesar bagi masyarakat Melanesia dan Polinesia.

Pada kesempatan yang sama, Premier Niue menyoroti beberapa tantangan yang dihadapi negaranya. Terutama terkait dampak perubahan iklim dan pandemi Covid-19. Premier Tagelagi akan membahas lebih lanjut kerja sama dan kolaborasi dengan Indonesia, termasuk melalui kemitraan dan bantuan teknis.

Baca juga : Dubes Inggris Owen Jenkins Luncurkan Program Kota Masa Depan

Niue merupakan negara yang memiliki sistem pemerintahan demokrasi parlementer, dan berstatus asosiasi bebas dengan Selandia Baru sejak 19 Oktober 1974. Niue dipimpin Dalton Tagelagi sebagai Premier dan merangkap sebagai Menteri Luar Negeri Niue.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.