Dark/Light Mode

Dubes Indonesia untuk Korsel Umar Hadi, Apresiasi Penulis Buku "Mengapa Indonesia?"

Senin, 15 Juli 2019 04:12 WIB
Dubes Umar Hadi (kiri) bertemu Bang Jung-hwan di Kedutaan Besar Indonesia di Seoul, Korea Selatan. (Foto : KBRI Seoul).
Dubes Umar Hadi (kiri) bertemu Bang Jung-hwan di Kedutaan Besar Indonesia di Seoul, Korea Selatan. (Foto : KBRI Seoul).

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Umar Hadi bertemu dengan jurnalis dari Maeil Business Newsaper, Bang Jung-hwan, penulis buku Mengapa Indonesia? Yang dalam bahasa Korea berjudul Wae Segyeneun Indonesialeul Jumog Haneunga?’ diterjemahkan: Mengapa Dunia Menaruh Perhatian pada Indonesia?

Dalam bukunya tersebut, Bang menuliskan pengalamannya selama tiga tahun bertugas di Indonesia. Dia memperkenalkan sisi lain Indonesia dalam bahasa dan tutur yang mudah dipahami.

Baca juga : Dubes Jepang Untuk Indonesia Masafumi Ishii, Rangkul Anak Muda Lewat Medsos

Isinya tentang 35 artikel ulasan, yang melingkupi aspek politik, ekonomi, masyarakat dan budaya di indonesia.

Menurut Bang, daya tarik Indonesia meningkat di Korsel. Terdapat lebih dari 2.200 perusahaan Korea yang telah masuk ke Indonesia. Sumber daya alam dan pasar halal menjadi pusat perhatian orang Korsel untuk berbisnis di Indonesia.

Baca juga : Dubes Rusia Hiburan Akhir Pekan, Nonton Balerina Indonesia-Australia

“Menarik bisa melihat Indonesia lewat mata jurnalis asing. Saya ingin lebih banyak buku seperti ini dibuat jurnalis asing lainnya,” ujar Dubes Umar dalam keterangan pers Jumat (12/7).

Dubes Umar sangat mengapresiasi buku itu. Dia berharap buku tersebut dapat memberikan informasi yang komprehensif mengenai Indonesia kepada orang Korea. Dijelaskannya, di Indonesia terdapat banyak peluang dan ruang untuk perusahaan start-up Korea berkembang.

Baca juga : Jenderal Doni: Pak Topo Telah Harumkan Nama Indonesia

Untuk itu, Umar mendorong agar para entrepreneur muda kedua negara dapat bertemu dan saling bertukar pikiran.

Bang berharap buku yang ditulisnya dapat membantu orang Korsel yang akan bepergian ke Indonesia. Selain artikel, buku tersebut juga menampilkan peta dan foto, serta istilah/ idiom dalam bahasa Indonesia, yang membantu orang Korsel berbicara dan menyapa orang Indonesia. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.