Dark/Light Mode

Duta Besar Indonesia Untuk Belanda I Gusti Agung Wesaka Puja

Gaet Turis Belanda Lewat Tong Tong Fair

Selasa, 28 Mei 2019 04:38 WIB
Dubes I Gusti Agung Wesaka Puja (tengah) menikmati makanan khas Indonesia bersama pengunjung Tong Tong Fair di Den Haag, pekan lalu. (Foto : KBRI Den Haag).
Dubes I Gusti Agung Wesaka Puja (tengah) menikmati makanan khas Indonesia bersama pengunjung Tong Tong Fair di Den Haag, pekan lalu. (Foto : KBRI Den Haag).

RM.id  Rakyat Merdeka - Asia dan Indonesia Tong Tong Fair (TTF) kembali diselenggarakan di Bintang Theater, Tong Tong Fair Complex, Den Haag, Belanda pada 23 Mei - 2 Juni. Di event berumur 61 tahun ini Indonesia memanfaatkan kesempatan untuk menarik wisatawan asing, khususnya warga Belanda, untuk mengunjungi Indonesia.

Tong Tong Fair (TTF) menjadi salah satu program yang ditunggu-tunggu jelang musim panas setiap tahunnya di Belanda.

Pada partisipasi kali ini, KBRI Den Haag dan Kementerian Pariwisata mengusung promosi terpadu pariwisata Indonesia. “Saya mengharapkan momen partisipasi pada TTF ini dapat menarik wisatawan Belanda ke Indonesia,” ujar Dubes RI Den Haag, I Gusti Agung Wesaka Puja dalam rilis KBRI Den Haag, Minggu (26/5).

Baca juga : Pikat Turis Lewat Festival Jelajah Nusantara

Ditambahkan Dubes Puja, Belanda merupakan salah satu target pasar utama wisatawan ke Indonesia. Dia berharap makin banyak wisatawan Belanda berkunjung ke Indonesia di masa mendatang.

Mereka biasanya tinggal lebih lama di Indonesia. “Karena itu, mereka diharapkan dapat memberikan kontribusi yang cukup signifikan bagi pendapatan di sektor pariwisata,” tambah Dubes Puja.

Untuk mengoptimalkan upaya promosi, Kementerian Pariwisata RI pada TTF tahun ini juga mengisi panggung pentas wisata TTF dengan berbagai paparan mengenai 10 unggulan destinasi wisata Indonesia.

Baca juga : Pamer Perkembangan Islam Di India

Promosi di pentas wisata ini menggandeng tour operator dan travel agent Belanda yang turut menjual paket-paket wisata ke Indonesia.

TTF 2019 dibuka secara resmi pada 23 Mei dengan dihadiri pejabat pemerintah daerah Den Haag serta perwakilan dari beberapa Kedutaan negara Asia di Belanda. Selama 11 hari, pengunjung akan dapat menikmati berbagai ragam pertunjukan budaya, kuliner dan juga aneka produk Indonesia.

Pertunjukan seni dan budaya Indonesia yang dihadirkan pada TTF tahun ini antara lain keroncong, kulintang, tari Betawi, tari daerah Sumatera Barat, pencak silat, workshop tari Jawa, workshop batik, dan aneka pertunjukan budaya Nusantara lainnya.

Baca juga : Kurma Perekat Persahabatan RI-Saudi

Tahun ini merupakan penyelenggaraan TTF yang ke-61 kalinya. TTF pertama kali diadakan pada tahun 1959 sebagai ajang reuni masyarakat Belanda yang pernah tinggal di Indonesia.

TTF selanjutnya berkembang menjadi event budaya yang mengetengahkan budaya-budaya Asia lainnya dan juga Pasifik.

Setiap tahunnya TTF dihadiri rata-rata lebih dari 80 ribu pengunjung, sebagian di antaranya memiliki keterkaitan dengan Indonesia. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.