Dark/Light Mode

Dubes RI untuk Inggris Rizal Sukma Bukber dengan Lodeh dan Empal

Sabtu, 25 Mei 2019 05:30 WIB
Duta Besar Rizal Sukma (kedua kiri) asyik ngobrol bareng tamu bukber di KBRI London.
Duta Besar Rizal Sukma (kedua kiri) asyik ngobrol bareng tamu bukber di KBRI London.

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah berpuasa 18 jam, puluhan warga Indonesia di London, Inggris, melaksanakan buka puasa bersama (bukber) di KBRI London, Selasa (21/5). Sajian menu utama berupa lodeh dan empal ludes disantap para tamu. Sekitar 250 orang ikut bukber. Mereka mengaku sudah lama tidak merasakan makanan khas Indonesia selama merantau di Negerinya Ratu Elizabeth II.

“Ngobatin kangen rumah. Terima kasih tim KBRI yang bikin menu sederhana tapi bisa ngobatin kangen kampung,” ujar Anton, mahasiswa Indonesia yang ikutan bukber.

Baca juga : Dubes dan Anggota Parlemen Inggris Ucapkan Selamat Kepada Jokowi

Acara bukber diselenggarakan bekerja sama dengan Pengajian Masyarakat Indonesia-London. Ceramah agama disampaikan Ustadz Abdul Atiq Syarifuddin yang didatangkan langsung dari Tanah Air.

Duta Besar Indonesia untuk Inggris Rizal Sukma beserta jajaran staff KBRI London senang acara mereka sukses. “Kita bersyukur bisa kembali berkumpul bersama saudara di acara iftar bersama. Bisa sekalian temu kangen juga,” ujar Dubes Rizal. Dia berterima kasih kepada panitia pelaksana bukber yang sudah bersiap-siap masak sejak akhir pekan.

Baca juga : Gubernur Banten: Sejauh Ini, Tak Ada Kerugian Negara

“Mereka belanja dan menyiapkan bumbu. Perjuangan mereka menghasilkan masakan khas Indonesia yang kita rindukan,” sambungnya.

Para tamu bukber di KBRI London memulai buka puasa mereka dengan kurma, kolak pisang, martabak telor dan bubur sumsum. Setelah salat Magrib berjamaah, seluruh WNI yang hadir menyantap makan malam bersama dengan menu utama sayur lodeh, ikan goreng, empal, sambal goreng dan kerupuk. Kegiatan buka bersama ini merupakan acara rutin yang digelar KBRI London setiap Ramadan dengan menghadirkan penceramah dari Indonesia.

Baca juga : Dubes Saudi Bidik Kerja Sama Dengan Ponpes Darunnajah

Tak hanya itu, setiap akhir pekan, buka puasa bersama juga diadakan di Wisma Nusantara, kediaman Dubes Rizal Sukma. Ibadah puasa di Inggris tahun ini sangat berbeda, di mana tahun ini bulan Ramadan jatuh pada musim panas. Waktu Imsak tiba pukul 03.00 waktu setempat dan waktu Magrib tiba pada pukul 21.00 malam waktu setempat. Umat Islam diharuskan berpuasa 18 jam dengan suhu sekitar 29 derajat Celcius. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.