Dark/Light Mode

Junta Myanmar Gantung 4 Tokoh Pro Demokrasi

Senin, 25 Juli 2022 21:06 WIB
Salah satu yang dieksekusi junta adalah Phyo Zeya Thaw mantan anggota parlemen dari partai pemimpin terguling Aung San Suu Kyi. (Foto Associated Press)
Salah satu yang dieksekusi junta adalah Phyo Zeya Thaw mantan anggota parlemen dari partai pemimpin terguling Aung San Suu Kyi. (Foto Associated Press)

 Sebelumnya 
Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Myanmar menolak berbagai kritik setelah mengumumkan eksekusi terhadap keempat orang itu pada Juni lalu. Mereka mengklaim, sistem peradilan Myanmar adil.

Baca juga : Hendarsam Marantoko: Profesi Advokat Di Ambang Kehancuran

Katanya, Zeya Thaw dan Min Yu terbukti menjadi dalang mengatur serangan teroris skala penuh terhadap warga sipil tak berdosa. “Itu mereka lakukan untuk menanamkan ketakutan dan mengganggu perdamaian dan stabilitas,” tegas Kemlu Myanmar.

Baca juga : Lobi Jokowi Menuai Hasil

Juru bicara militer Myanmar Mayor Jenderal Zaw Min Tun menambahkan, para terpidana itu membunuh sedikitnya 50 orang. Katanya, keputusan untuk mengeksekusi keempat tahanan sesuai dengan aturan hukum. Tujuannya adalah untuk mencegah insiden serupa di masa depan.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.