Dark/Light Mode

Pelosi Kunjungi Taiwan, AS-China Makin Mendidih

Kamis, 4 Agustus 2022 08:05 WIB
Ketua DPR AS Nancy Pelosi bersama Presiden Taiwan Tsai Ing-wen di Taipei. (Taiwan Presidential Office via AP)
Ketua DPR AS Nancy Pelosi bersama Presiden Taiwan Tsai Ing-wen di Taipei. (Taiwan Presidential Office via AP)

 Sebelumnya 
Pelosi, Ketua DPR AS dari Partai Demokrat melakukan perjalanan pertama ke Taiwan sejak Ketua DPR Newt Gingrich melakukannya pada 1997.

Pelosi nekat terbang ke pulau itu meskipun ada peringatan keras dari Beijing dan isyarat pembalasan yang agresif. Ia berdalih bahwa perjalanannya sejalan dengan kebijakan AS dan merupakan sesuatu yang vital, karena dunia sedang dihadapkan pada pilihan antara otokrasi dan demokrasi.

Baca juga : Hasto Makin Keras Ke Anies

Kementerian Luar Negeri China pun langsung memanggil Duta Besar AS di Beijing, Nicholas Burns untuk memprotes kunjungan Pelosi ke Taipei.

“Sifat kunjungan Pelosi sangat tidak bijak dan konsekuensinya sangat serius,” ujar Wakil Menteri Luar Negeri China, Xie Feng kepada Burns dikutip Xinhua, Rabu.

Baca juga : Genjot Pembiayaan, WOM Finance Bikin Undian Berhadiah

“AS harus membayar harga untuk kesalahannya sendiri. China akan mengambil tindakan balasan yang diperlukan dan tegas dan kami tidak main-main dengan apa yang kami katakan,” tegas Xie.

Dia juga menyebut bahwa kedatangan Pelosi di Taiwan adalah langkah tidak bermoral.

Baca juga : Iran Tuding Biden Sebar Iranofobia

“Seharusnya Pelosi mencegah tren yang memperburuk ketegangan di Selat Taiwan,” tegasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.