Dark/Light Mode

Pelosi Kunjungi Taiwan, AS-China Makin Mendidih

Kamis, 4 Agustus 2022 08:05 WIB
Ketua DPR AS Nancy Pelosi bersama Presiden Taiwan Tsai Ing-wen di Taipei. (Taiwan Presidential Office via AP)
Ketua DPR AS Nancy Pelosi bersama Presiden Taiwan Tsai Ing-wen di Taipei. (Taiwan Presidential Office via AP)

 Sebelumnya 
Pelosi terbang ke Taiwan dari Malaysia pada Selasa malam (2/8). Politikus perempuan itu diterima Menlu Taiwan, Joseph Wu saat mendarat di Bandara Songshan Taipei sekitar pukul 22.44 malam waktu setempat.

Setibanya di Taiwan, Pelosi menegaskan, bahwa kedatangannya murni untuk membawa pesan perdamaian di kawasan. Dia tidak memiliki niat memantik amarah Beijing.

Baca juga : Hasto Makin Keras Ke Anies

“Kami datang dalam konteks persahabatan ke Taiwan, kami datang dengan damai ke kawasan ini,” kata Pelosi saat bertemu Wakil Ketua DPR Taiwan, Tsai Chi-chang, kemarin.

Pelosi merupakan pejabat tertinggi ketiga di AS setelah presiden dan wakil presiden. Lawatannya ini menjadi kunjungan resmi pejabat tertinggi AS pertama ke Taiwan dalam 25 tahun terakhir.

Baca juga : Genjot Pembiayaan, WOM Finance Bikin Undian Berhadiah

Saat bertemu Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, Pelosi dianugerahi gelar kehormatan sipil tertinggi, The Order of Propitious Clouds with Special Grand Cordon. Penghargaan itu diserahkan saat Pelosi bertemu Tsai di Istana Kepresidenan, kemarin pagi.

Sejumlah foto yang tersebar di media memperlihatkan Tsai, mengenakan setelan blazer di sebelah Pelosi. Tsai lalu menyematkan selempang biru simbol penghargaan itu di bahu Pelosi. Keduanya lalu membungkuk satu sama lain, berdiri di atas panggung, sebelum kembali ke kursi masing-masing.

Baca juga : Iran Tuding Biden Sebar Iranofobia

Pelosi pun berterima kasih kepada Tsai atas kepemimpinannya yang terus menjunjung tinggi demokrasi. Dia juga menyerukan peningkatan kerja sama antara DPR AS dan Parlemen Taiwan.

“Saya berharap bisa memamerkan penghargaan ini di Kantor DPR AS atau memakainya di Gedung Capitol sebagai simbol persahabatan kami yang berharga,” ujar Pelosi, usai menerima penghargaan tersebut. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.