Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Keren, Dua Universitas Di Jepang Belajar Musik Angklung

Senin, 15 Agustus 2022 08:32 WIB
KBRI Tokyo  promosikan musik angklung bagi siswa disabilitas di Jepang, Jumat (12/8).
KBRI Tokyo promosikan musik angklung bagi siswa disabilitas di Jepang, Jumat (12/8).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo memfasilitasi penandatanganan nota kesepahaman (MoU) pelatihan bermain angklung bagi penyandang disabilitas antara Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dengan Chubu Gakuin University dan Chubu Gakuin College di KBRI Tokyo pada, Jumat (12/8).

Delegasi UPI yang hadir di antaranya adalah Ayo Sunaryo (Kepala UPT Kebudayaan), Cep Ubad Abdullah (Biro Kerja sama Luar Negeri) dan Ardian Sumarwan (Pelatih Angklung Unit Kegiatan Mahasiswa Keluarga Besar Bumi Siliwangi / UKM KABUMI). 

Sedangkan dari Chubu Gakuin University dan Chubu Gakuin College hadir antara lain Ema Satoshi (President of Chubu Gakuin University) dan Fumie Katagiri (President of Chubu Gakuin College). 

Baca juga : Universitas Pertamina Gandeng TNI Salurkan Beasiswa Ujung Negeri

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang, Heri Akhmadi memastikan promosi pengajaran angklung bagi siswa disabilitas di Jepang, semakin menguatkan hubungan Indonesia Jepang. 

"Pengembangan dan pengenalan metode bermain angklung pada siswa disabilitas di sekolah Jepang oleh warga Indonesia merupakan kontribusi positif dalam penguatan hubungan Indonesia–Jepang," ujar Dubes Heri Dalam keterangannya Senin (15/8). 

"Angklung merupakan warisan budaya milik Indonesia yang sudah diakui UNESCO sejak 2010 lalu, adalah tugas bersama mempertahankan eksistensi warisan budaya ini dengan terus mempromosikan permainan angklung di berbagai belahan dunia", tambah Dubes Heri. 

Baca juga : Ditemani Dubes RI Jepang, Gobel Pelajari Keunggulan Pertanian Hokota

Kepala Unit Pelayanan Terpadu Kebudayaan UPI, Ayo Sunaryo menjelaskan, kerja sama tersebut memfasilitasi pelatih angklung dari UPI untuk mengajar kepada mahasiswa di dua universitas tersebut yang akan mengajarkan kepada siswa-siswa penyandang disabilitas.

Sementara itu, Presiden Chubu Gakuin University and College, Katagiri Fumie mengatakan, angklung dipilih karena kemudahannya yang bisa dimainkan oleh siapa saja termasuk penyandang disabilitas. 

Ia berkeinginan angklung lebih dikenal di seluruh Jepang dan dunia.

Baca juga : Penertiban Aktivitas Tambang Tanpa Izin Harus Tuntas

Acara penandatanganan MoU ini dimeriahkan dengan pertunjukan angklung arumba dan tari topeng Kelana dan tari Keurseus dari Jawa Barat yang semuanya ditampilkan dengan sangat apik dan mengesankan oleh tim UPI Jabar.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.