Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ini Pertimbangan Universitas Brawijaya Beri Gelar Doktor HC Ke Paloh

Senin, 25 Juli 2022 16:50 WIB
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (ketiga kiri) saat dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa Pertama FISIP Universitas Brawijaya. (Foto: Dok. NasDem)
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (ketiga kiri) saat dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa Pertama FISIP Universitas Brawijaya. (Foto: Dok. NasDem)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa (HC) bidang Sosiologi Politik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB), Malang, Jawa Timur. Paloh mendapat gelar Doktor HC pertama dari FISIP UB.

Penganugerahan gelar tersebut diraih Paloh usai menyampaikan Orasi Ilmiah Promovendus bertajuk “Meneguhkan Kembali Politik Kebangsaan”, di Gedung Samantha Krida UB, Senin (25/7). Sebagai Promovendus, pemikiran-pemikiran Paloh diharapkan dapat menjadi pegangan dalam perkembangan bangsa dan dunia akademik ke depan.

Hadir sederet tokoh nasional seperti mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua Senat Akademik FISIP UB Prof Darsono Wisadirana, Dekan FISIP UB Sholih Muadi, dan civitas akademik UB serta sejumlah menteri kabinet Presiden Jokowi dari NasDem seperti Siti Nurbaya Bakar dan Syahrul Yasin Limpo. Hadir pula Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel, Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali, Ketua DPP NasDem Willy Aditya dan Ketua DPW NasDem Jatim Sri Sajekti Sudjunadi, serta ratusan tamu undangan lainnya.

Baca juga : Prabowo Kerap Diejek, Publik Tetap Beri Sentimen Positif

“Sebuah kehormatan yang tak terhingga untuk menerima penghargaan gelar Doctor Honoris Causa dari salah satu kampus ternama di Tanah Air ini. Kampus yang namanya mengingatkan kita pada kebesaran salah satu kerajaan di Nusantara: Majapahit,” kata Paloh, seperti dikutip nasdem.id.

Pada kesempatan itu, Paloh juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama melakukan upaya meneguhkan kembali politik kebangsaan yang harus terus menerus dikumandangkan dan dijalankan. “Saya ingin mengajak semua pihak, siapa pun kita, apa pun pilihan profesi kita, marilah kita upayakan semua perilaku dan orientasi kita demi terbangunnya kebaikan bersama dalam bingkai kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena inilah sesungguhnya yang disebut politik itu,” seru Paloh.

Sementara itu, Dekan FISIP UB Sholih Muadi menegaskan, gelar tersebut merupakan gelar HC pertama oleh FISIP UB. Pihaknya telah mempelajari dengan cermat kelayakan seorang Promovendus. Menurut dia, Paloh sarat akan sumbangsih bagi masyarakat dan bangsa Indonesia.

Baca juga : MPR Dukung Pembangunan Pabrik Kelapa Sawit Mini Berbasis Koperasi

“Yang kami pelajari adalah rekam jejak seorang calon penerima Doktor HC Promovendus. Kami melihat kelayakan Bapak Surya Dharma Paloh untuk diberikan Doktor HC,” kata Sholih.

Menurutnya, Paloh memiliki nilai kemanusiaan yang sangat tinggi diantaranya dengan aktif dalam misi kemanusiaan ikut membantu proses pembebasan 10 WNI yang disandera kelompok militan Filipina, Abu Sayyaf, pada 2016 di Pantai Parang, Sulu, Mindano Selatan, Filipina. “Ini adalah satu catatan yang saya kira sangat bagus,” ujarnya.

Paloh juga dianggap mampu memberikan sumbangsih besar dalam kehidupan politik Tanah Air dengan mencetuskan ide Restorasi Indonesia. “Beliau juga pencetus ide politik tanpa mahar. Beliau juga pencetus ide satu gagasan tentang sosiologi politik kebangsaan dimana bangsa ini perlu untuk mendapatkan pemahaman tentang politik kebangsaan itu dilakukan,” ucap Sholih.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.