Dewan Pers

Dark/Light Mode

Monash University, Traveloka Dan Universitas Di Indonesia Kembangkan Teknologi Digital MITRA 5.0

Selasa, 19 Juli 2022 11:32 WIB
Foto: Dok. Istimewa
Foto: Dok. Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Monash University, Indonesia bersama dengan Traveloka, melalui Traveloka Academy, secara resmi menyelesaikan fase pertama program pengembangan kapasitas digital MITRA 5.0.

Program MITRA 5.0 diselenggarakan selama empat minggu yang dimulai dari 17 Juni 2022 dengan diikuti oleh lebih dari 60 akademisi dari berbagai universitas di Indonesia, seperti Universitas Indonesia, IPB University, Universitas Diponegoro, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Universitas Bina Nusantara, dan lainnya.

Selama program, para akademisi mempelajari proses pengembangan produk dari perspektif ilmu data, teknik, desain produk digital, dan manajemen produk.

Program MITRA 5.0 dikembangkan berdasarkan kebutuhan talenta digital di Indonesia, di mana di level nasional, tercatat setidaknya 50 persen dari tenaga kerja kita baru memiliki keterampilan digital tingkat dasar dan menengah.

Sedangkan mereka dengan keterampilan digital tingkat lanjutan merepresentasikan kurang dari 1 persen dari angkatan kerja kita.

Berita Terkait : Subvarian BA.2.75 Kini Ada Di Indonesia, Kemungkinan Transmisi Lokal Sedang Dilacak

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Prof Nizam menyampaikan apresiasinya terhadap kedua belah pihak yang telah menyelenggarakan program MITRA 5.0,

“Terima kasih pada Monash University, Indonesia dan Traveloka yang telah membuat program MITRA 5.0," ujar Nizam dalam keterangannya, Selasa (19/7).

Nizam mengapresiasi atas pelaksanaan dan partisipasi di dalam program MITRA 5.0 yang diselenggarakan bersama-sama antara Monash University Indonesia dengan Traveloka untuk memberikan tambahan kompetensi berbagai hal terkait teknologi informasi terkini.

"Semoga melalui program MITRA 5.0 ini kita dapat meningkatkan kapasitas para dosen dan perguruan tinggi di dalam mengembangkan perkuliahan dengan memanfaatkan berbagai pengalaman industri," ujar Nizam.

Sementara itu President, Monash University, Indonesia Andrew MacIntyre mengatakan, Misi atau tujuan Monash University, Indonesia adalah mendorong berbagai inisiatif berkelanjutan untuk kesuksesan Indonesia.

Berita Terkait : Begini Tampilan Interior Dan Teknologi Wuling Air Ev

"Melalui program Mitra 5.0, kami dengan Traveloka, memiliki misi untuk meningkatkan kapasitas akademisi yang berada di seluruh Indonesia," ujar Andrew.

Chief People Officer, Traveloka Ellen Tuwaidan mengapresiasi bentuk kolaborasi Traveloka dengan Monash University, Indonesia melalui fase pertama, MITRA 5.0.

 

“Melalui MITRA 5.0, Monash University, Indonesia dan Traveloka Academy bersama-sama mengembangkan program peningkatan kapasitas untuk membekali para akademisi dalam menghasilkan talenta digital yang unggul dan berkompetensi sesuai kebutuhan industri teknologi,” jelas Ellen.

Lebih lanjut, Ellen menyampaikan ucapan selamat kepada para partisipan, semoga semua ilmu dan best practice yang dipelajari dapat disampaikan kepada civitas akademika-nya.

Sementara itu Dosen Universitas Hasanuddin Makassar Muhammad Junaid mengapresiasi adanya kolaborasi lanjutan dari Monash University, Indonesia, Traveloka dan Universitas Hasanuddin agar dapat memenuhi target talenta digital yang ingin dicapai Indonesia pada tahun 2030.

Berita Terkait : Sudah 4 Tahun Legal Di Indonesia, Vape Terus Tingkatkan Inovasi

"Saya berharap komunitas peserta MITRA 5.0 dapat berkembang lagi kedepannya, sehingga dapat memberikan ilmu untuk para mahasiswa,” ujar Junaid.

Sebagai informasi, MITRA 5.0 adalah sebuah program untuk pengembangan sumber daya manusia dan inovasi di bidang teknologi yang bertujuan untuk membekali akademisi di Indonesia dengan studi kasus dari industri teknologi. ■