Dark/Light Mode

Pasar Rakyat Indonesia Meriahkan Akhir Pekan Di Brunei

Minggu, 28 Agustus 2022 21:38 WIB
Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam Dr. Sujatmiko potong tumpeng saat membuka Pasar Rakyat 2022 di Brunei Darussalam pada 27-28 Agustus. (Foto: Istimewa)
Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam Dr. Sujatmiko potong tumpeng saat membuka Pasar Rakyat 2022 di Brunei Darussalam pada 27-28 Agustus. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasar Rakyat 2022 di Brunei Darussalam pada 27-28 Agustus berlangsung meriah dan berhasil membukukan omzet puluhan ribu dolar Brunei atau sebesar ratusan juta rupiah. Kegiatan ini diadakan oleh Kedutaan Besar RI Bandar Seri Begawan.

Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam Dr. Sujatmiko merinci, selama dua hari penyelenggaraan total penjualan aneka barang lebih dari BND 45.000 atau sekitar Rp 477 juta.

Baca juga : Persikab-PSIM Berbagi Poin

“Kegiatan ini merupakan salah satu manifestasi keberpihakan pada usaha kecil dan menengah di Brunei, khususnya yang memasarkan produk Indonesia atau menggunakan bahan-bahan dari Indonesia,” ucap Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam Dr. Sujatmiko dalam keterangan tertulisnya, Minggu (28/8).

“Kita bantu mereka bangkit, menggerakkan ekonomi, dan pulih dari dampak Covid-19. Terlebih penting lagi, kegiatan ini diharapkan dapat mendorong terciptanya kerjasama bisnis yang lebih dalam dan meluas antara UMKM setempat dengan UMKM di Indonesia yang pada akhirnya membuka jalan baru untuk peningkatan ekspor ragam produk UMKM Indonesia ke pasar Brunei,” tegas Dubes RI.

Baca juga : FPCI Luncurkan 2nd Batch Indonesian Next Generation Journalist on Korea

Hampir  2.500 pengunjung hadir dalam kegiatan Pasar Rakyat 2022. Pengunjung berkesempatan memilih aneka panganan khas Indonesia yang disajikan seperti pecel, rendang, tiwul, di samping jajanan kekinian seperti seblak dan jasuke.  

Selain itu, terdapat pula berbagai booth jasa seperti layanan pengiriman uang, logistik, tiket perjalanan ke Indonesia, jasa pendidikan, dan lain-lain.

Baca juga : Indonesia Belum Mengakui Pemerintahan Afghanistan

Sorak sorai kegembiraan mewarnai lomba khas tradisi Agustus seperti tarik tambang dan balap bakiak serta lomba anak-anak yang dipertandingkan di Pasar Rakyat. Untuk memeriahkan suasana, diadakan panggung gembira yang menampilkan tarian dan kesenian daerah, band lagu populer, karaoke, dan musik rakyat oleh kelompok masyarakat Indonesia di Brunei. Kegiatan ini diselingi oleh podcast radio internal selama kegiatan dan pembagian doorprize hadiah-hadiah menarik.

Pasar Rakyat 2022 melanjutkan inisiatif yang telah dilakukan KBRI Bandar Seri Begawan pada tahun-tahun sebelumnya yang akan terus ditingkatkan di masa depan. Pada Pasar Rakyat 2020, 34 booth usaha kecil dan menengah telah difasilitasi dan Pasar Rakyat 2021 yang diselenggarakan secara virtual telah diikuti oleh 14 booth. Kali ini, Pasar Rakyat diikuti oleh 48 booth yang terdiri dari 14 booth layanan jasa dan 34 booth makanan.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.