Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pencak Silat Dan Turnamen Tepok Bulu Di Jepang Ramaikan Kemerdekaan RI

Selasa, 30 Agustus 2022 10:01 WIB
Perguruan Silat  dan  Turnamen Bulutangkis PPI meriahkan perayaan HUT ke-77 RI di Jepang.pada 27-28 Agustus 2022.
Perguruan Silat dan Turnamen Bulutangkis PPI meriahkan perayaan HUT ke-77 RI di Jepang.pada 27-28 Agustus 2022.

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang, Heri Akhmadi melakukan silaturahmi dengan Perguruan Silat Indonesia dan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) diajang Turnamen Bulu Tangkis di Jepang, pada 27-28 Agustus 2022.

Silaturahmi antar Perguruan Silat Indonesia di Jepang, yang diselenggarakan di Balai Indonesia Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) diikuti oleh 11 perguruan, yaitu Persaudaraan Setia Hati Terate, IKS PI Kera Sakti, Panca Sakti, Pagar Nusa, Perisai Diri, Persinal Asad, PSHW Tunas Muda, PPS Betako Merpati Putih, Tapak Suci, Syahbandar Karimadi, dan Panglipur.

Dubes Heri menyampaikan, bahwa pencak silat adalah medium promosi seni budaya Indonesia yang efektif. 

"Tahun depan hubungan Indonesia – Jepang akan menginjak 65 tahun, Pencak silat bisa menjadi salah satu program unggulan promosi seni budaya sebagai salah satu rangkaian perayaannya. Dalam waktu dekat direncanakan akan diselenggarakan pertandingan antar perguruan silat di Jepang" ujar Dubes Heri yang hadir secara virtual, seperti keterangan yang diterima RM.Id, Selasa (30/8). 

Baca juga : Sahabat Ganjar Gelar Turnamen E-Sport PUBG Mobile Di Yogyakarta

Dalam sambutannya, Ia berpesan jaga persahabatan di antara seluruh perguruan-perguruan pencak silat Indonesia di Jepang. 

“Teman-teman semua adalah duta seni Indonesia di Jepang, maka selalu bawa nama baik Indonesia," pesan Dubes Heri.

Ketua Panitia HUT ke-77 RI KBRI Tokyo,  Meinarti Fauzie mengatakan, lebih dari 70 pesilat hadir di Balai Indonesia. Mereka melakukan atraksi ragam jurus silat dari berbagai perguruan.

Turnamen Bulu Tangkis antar PPI Jepang 

Baca juga : Pemerintah Diminta Tinjau Rencana Kenaikan Cukai

Selain pecak silat, KBRI Tokyo bekerja sama dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Jepang menggelar Turnamen Bulu Tangkis antar PPI di Balai Indonesia SRIT pada 27 Agustus 2022. 

Kegiatan ini diikuti oleh 11 perwakilan PPI dari Universitas berbagai Prefektur di Jepang di antaranya PPI Waseda, Todai, Chiba dan Gunma.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan RI, Yusli Wardiatno menekankan, kegiatan ini bertujuan menumbuhkan semangat sportivitas dan cinta tanah air dari kalangan pemuda pelajar Indonesia di Jepang. 

"Turnamen  untuk memeriahkan HUT RI ke 77 sekaligus sebagai ajang peningkatan kekompakan dan nasionalisme anak muda terhadap bangsanya. Sportivitas yang dilakukan saat bertanding juga diharapkan tertanam terus dalam diri sehingga dapat memperkuat kemampuan kepemimpinan anak-anak muda pelajar ini yang merupakan calon-calon pemimpin bangsa di masa depan," kata Yusli.

Baca juga : Keren, Rektor UNJ Sabet Juara Di Turnamen Tepok Bulu Kemerdekaan RI

Dalam turnamen ini, PPI Gunma sukses merebut Juara pertama. Sementara Juara kedua diraih oleh PPI Tokyo Metropolitan University.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.