Dark/Light Mode

Lonjakan Biaya Energi & Resesi Di Depan Mata

Resmi Ditunjuk Jadi PM Inggris, Tugas Berat Menanti Truss

Selasa, 6 September 2022 20:55 WIB
PM Inggris yang baru Liz Truss (kanan) berjabat tangan dengan Ratu Elizabeth II di Balmoral, Skotlandia, Selasa (6/9). (Foto: AP/CNA)
PM Inggris yang baru Liz Truss (kanan) berjabat tangan dengan Ratu Elizabeth II di Balmoral, Skotlandia, Selasa (6/9). (Foto: AP/CNA)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ratu Elizabeth II (96) telah menunjuk Liz Truss (46) sebagai Perdana Menteri Inggris dalam pertemuan di Kastil Balmoral, Skotlandia, Selasa (6/9).

Dengan amanat baru yang diembannya, wanita kelahiran 26 Juli 1975 itu bertanggung jawab mengarahkan Inggris agar selamat dari ancaman resesi dan krisis energi, yang mengancam masa depan jutaan rumah tangga dan bisnis.

Baca juga : Stop Pemborosan, Pertebal Bantalan Sosial Masyarakat

"Ratu menerima Truss di Audiensi Anggota Parlemen, dan memintanya membentuk pemerintahan baru," demikian pernyataan Istana Buckingham, seperti dikutip Reuters, Selasa (6/9).

"Truss menerima tawaran Yang Mulia, dan mencium tangannya saat diangkat menjadi Perdana Menteri dan Kuasa Pertama Perbendaharaan," imbuh pernyataan tersebut.

Baca juga : 36 Menteri Dan Staf Mundur, PM Inggris Keukeuh Lanjutkan Jabatan

Setelah resmi ditunjuk sebagai PM Inggris, tugas berat menanti Truss.  Dia akan menghadapi salah satu daftar masalah yang paling menakutkan dari setiap pemimpin pasca-perang di Inggris.

Karena inflasi saat ini telah mencapai dua digit. Biaya energi pun melonjak. Selain itu, Bank of England juga telah mengingatkan kemungkinan resesi panjang pada akhir tahun ini. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.