Dark/Light Mode

Lebaran Haji Di Depan Mata, Sekum PP Muhammadiyah Ngarep Masalah PMK Hewan Cepat Beres

Senin, 16 Mei 2022 07:47 WIB
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu`ti (Foto: Muhammadiyah)
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu`ti (Foto: Muhammadiyah)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Abdul Mu’ti mengingatkan semua pihak, agar tidak menyepelekan masalah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan. Apalagi, tingkat penularannya ke sesama hewan tergolong sangat tinggi.

Dia pun mendorong pemerintah, supaya bisa segera menuntaskan kasus tersebut. Mengingat Hari Raya Idul Adha atau Lebaran Haji yang jatuh pada 9 Juli mendatang, sudah di depan mata.

“Memang kasusnya kecil-kecil, tapi penyebarannya bisa sangat cepat. Karena sebagian kasus disebabkan oleh virus. Itu bisa terjadi dalam waktu yang sangat singkat, dan berdampak sangat luas. Dampak psikologis dan dampak politisnya juga perlu diantisipasi,” kata Mu'ti di acara Halal Bihalal di Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Jumat (13/5).

Baca juga : Ucapkan Selamat Lebaran, Ketum PP Muhammadiyah Ingatkan Toleransi Beribadah

Mu'ti menegaskan, PMK tidak bisa dipandang sebelah mata. Atau diselesaikan sambil lalu.

"Ini akan sangat berpengaruh terhadap pelaksanaan ibadah kurban, terkait kesehatan hewan kurban,” cetusnya.

Karena itu, dia pun mengimbau Kementerian Pertanian, agar segera melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menuntaskan masalah PKM tersebut.

Baca juga : Anwar Abbas, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah: Kita Harus Terbiasa Dengan Perbedaan

Mu’ti juga khawatir, kasus PKM yang menyerang hewan ternak ini jadi bahan permainan oknum importir. Karena sapi lokal dianggap tidak sehat.

Mendekati Hari Raya Idul Adha, masalah ini bisa saja menjadi legitimasi bagi para importir, untuk mengimpor sapi dari luar negeri.

"Tapi, saya tidak mau terlalu jauh berspekulasi seperti itu. Apa pun, saya kira menjadi tanggung jawab pemerintah dan kita bersama, juga dengan cara kita masing-masing untuk membantu mengatasi persoalan PMK ini,” ucap Mu’ti.

Baca juga : Hari Bumi, Muhammadiyah:Momentum Bangun Kesadaran Masyarakat

"Masalah PMK ini harus segera dituntaskan, agar umat Islam bisa melaksanakan ibadah kurban dengan hikmat. Menyembelih hewan kurban yang sehat, sesuai ketentuan ajaran agama Islam,” pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.