Dark/Light Mode

Gantikan Theresa May, Boris Johnson Terpilih Jadi PM Inggris

Selasa, 23 Juli 2019 19:11 WIB
PM Inggris yang baru, Boris Johnson (Foto: Getty Images)
PM Inggris yang baru, Boris Johnson (Foto: Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Menteri Luar Negeri Inggris, Boris Johnson resmi terpilih menjadi pemimpin baru Partai Konservatif, sekaligus PM Inggris yang baru, usai memenangkan pemungutan suara partai, Selasa (23/7).

Dia menggantikan Theresa May yang mengundurkan diri dari jabatannya, pada 7 Juni lalu.

Baca juga : Boris Johnson Jadi PM, Menkeu Inggris Mau Mundur

Berdasarkan penghitungan suara yang rampung pada Senin (22/7) sore, Johnson memenangkan 92.153 suara. Sedangkan rivalnya yang menjabat Menteri Luar Negeri Inggris saat ini, Jeremy Hunt, hanya mendulang 46.656 suara.

Johnson dan Hunt adalah dua dari 10 politikus yang lolos dari lima putaran penyisihan kandidat PM, yang dipilih oleh 313 anggota parlemen Partai Konservatif. Dalam tahap terakhir pemilihan ini, tercatat 160 ribu anggota Partai Konservatif ikut serta dalam pemungutan suara.

Baca juga : Azwar Anas Terpilih Jadi Ketum Apkasi

Johnson yang akan dilantik sebagai PM Inggris pada Rabu (24/7) besok, memang telah digadang-gadang menjadi kandidat terfavorit Partai Konservatif untuk menggantikan May. Mantan Wali Kota London itu berhasil meraih suara terbanyak dalam lima pemilihan sebelumnya.

Tugas berat sebagai PM Inggris pun sudah menanti Johnson. Dia harus menyelesaikan proses Inggris keluar dari Uni Eropa atau Brexit, sebelum tenggat waktu berakhir pada 31 Oktober mendatang. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.