Dark/Light Mode

 

Dubes Iwan Bogananta Tinjau Tes Produksi Perdana Rendang Di Bulgaria

Kamis, 6 Oktober 2022 19:29 WIB
Dubes Iwan Bogananta (kanan) dan William Wongso (tengah) mendengarkan penjelasan COO Bella, Ltd, Dimitar Mitev. (Foto RM/KBRI Sofia)
Dubes Iwan Bogananta (kanan) dan William Wongso (tengah) mendengarkan penjelasan COO Bella, Ltd, Dimitar Mitev. (Foto RM/KBRI Sofia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Indonesia untuk Bulgaria, Makedonia Utara, dan Albania, Iwan Bogananta meninjau uji coba proses produksi rendang di Pabrik Bella Ltd, Plovdiv-Bulgaria. Kegiatan ini dihadiri pakar kuliner tanah air William Wongso dan Ketua Asosiasi Halal Bulgaria Erol Sherifov.  

Wiliam Wongso  hadir  untuk memberikan masukan secara teknis industrial pengerjaan produksi rendang, dari kualiti kontrol penggunaan bumbu,  pengaturan daging hingga menjadi end produk. Juga selanjutnya terkait pengemasan dan pemasaran.

Baca juga : Ketegasan Moeldoko Dorong Penuntasan Kasus Lukas Enembe Diapresiasi

Dalam keterangan resmi yang diterima RM.id Wiliam Wongso mengatakan bangga atas upaya Duta Iwan dalam menjalankan program ‘Indonesia Spice up the World (ISUTW)’ yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.  

“Langkah Dubes Iwan Bogananta ini sangat kongkret dengan melalui proses negosiasi yang cepat, akhirnya rendang bisa diproduksi dengan teknologi canggih oleh perusahaan besar Bulgaria, Bella, Ltd,” kata pria yang akrab disapa ‘Om Will’ itu.

Baca juga : BI Dan Bank Negara Malaysia Perbarui Perjanjian Swap Bilateral

Saat memimpin langsung entry briefing, Dubes Iwan Bogananta mengapresiasi baik upaya Bulgaria, khususnya perusahaan Bella, Ltd yang telah mempercayai Indonesia  untuk bekerja sama dan  berinvestasi dalam mendirikan pabrik khusus  pengolahan Rendang Padang.

Proses negosiasi ini telah dimulai sejak akhir 2021,  diluncurkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Uno  dengan titel ‘Rendang Goes to Europe’, pada awal 2022, di Bali.  
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.