Dark/Light Mode

Ini 6 Fakta Perkembangan Terbaru Iran, Pasca Kematian Mahsa Amini

Sabtu, 8 Oktober 2022 09:15 WIB
Tragedi kematian Mahsa Amini telah memicu gelombang protes besar-besaran di Iran dalam tiga tahun terakhir. (Foto: Tangkapan layar)
Tragedi kematian Mahsa Amini telah memicu gelombang protes besar-besaran di Iran dalam tiga tahun terakhir. (Foto: Tangkapan layar)

 Sebelumnya 
4. Terkait hal ini, Presiden Iran, Yang Mulia Dr. Seyed Ebrahim Raisi menyebutkan, peristiwa kerusuhan yang terjadi mengharuskan adanya perbedaan yang jelas, antara protes dan kerusuhan.

Protes, kritik, dan ucapan yang menentang merupakan hal yang wajar dan harus didengar. Karena akan membantu pemerintah memperbaiki keadaan. Namun, tindak kerusuhan yang mengganggu keamanan negara, serta melanggar hak masyarakat, merupakan hal yang tidak dapat diterima dengan cara apa pun di mana pun di dunia.

Baca juga : BPIP Perkuat Pembinaan Ideologi Pancasila Di Kaltim

5. Dalam beberapa hari terakhir ini, berbagai badan dan aparat keamanan Republik Islam Iran melakukan penangkapan terhadap berbagai oknum dan anggota kelompok teroris, yang menjadi dalang atas kerusuhan di Iran, dengan rincian sebagai berikut:

  • 49 agen kelompok teroris MKO (Mojahedin-e-Khalq Organization) yang berbasis di Albania telah ditangkap di Iran.
  • 77 anggota kelompok separatis Kurdistan, termasuk tentara bayaran rezim Zionis Israel yang dikenal sebagai KOMALAH, DEMOKRAT, PAK, PJAK, dan kelompok yang berafiliasi dengan mereka ditangkap. Mereka bersekongkol untuk menyerang rakyat provinsi Kurdistan.
  • 5 anggota kelompok teroris takfiri (ISIS) yang membawa bahan peledak seberat 36 kg ditangkap. Mereka yang berusaha memanfaatkan momen kerusuhan untuk meledakkan bom di tengah, untuk menciptakan konflik.
  • 3 pemimpin Organisasi spionase Baha'I yang memprovokasi masyarakat untuk melakukan vandalisme dan perusakan tempat-tempat umum telah diamankan.

6. Menteri Luar Negeri Iran Dr. Hossein Amir Abdollahian mengatakan, sesuai aturan hukum yang berlaku, pemerintah Iran serius menangani isu kematian Mahsa Amini.

Baca juga : Pantau Korban Kanjuruhan, Basarah Terbang Ke Malang Hari Ini

Sistem peradilan Repubilk Islam Iran sedang menyelidiki masalah ini. Laporan ilmiah dan teknis dari sisi kedokteran forensik, akan segera diterbitkan. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.