Dark/Light Mode

Bye ARMY, BTS Mau Wajib Militer Dulu Yaa....

Senin, 17 Oktober 2022 18:48 WIB
BTS, boy band terbesar dunia asal Korsel, siap menjalani wajib militer. (Foto: EPA via BBC)
BTS, boy band terbesar dunia asal Korsel, siap menjalani wajib militer. (Foto: EPA via BBC)

RM.id  Rakyat Merdeka - BTS, boy band terbesar dunia asal Korsel, dipastikan akan meninggalkan ARMY alias Adorable Representative MC for Youth, yang merupakan sebutan untuk para penggemar mereka, selama beberapa tahun. Karena mereka akan mengikuti wajib militer.

Info yang disampaikan agen BTS ini, mengakhiri spekulasi tentang kemungkinan grup musik tersebut dikecualikan dari wajib militer.

Pengumuman ini datang hanya dalam hitungan bulan, setelah BTS mengumumkan bahwa mereka akan rehat. Kabarnya ketika itu, sejumlah personel akan menuntaskan proyek individu mereka.

Hingga kini, pemerintah Korsel memang mewajibkan seluruh pemuda berusia 18-28 tahun yang memiliki kondisi fisik prima, untuk mengikuti wajib militer selama dua tahun. Kewajiban ini tetap diberlakukan, terutama karena secara teknis, negara tersebut masih berperang dengan tetangganya yang bersenjata nuklir, Korea Utara.

Baca juga : Demi Skriniar, PSG Rayu Gaji Rp 143 Miliar Permusim

Sementara tujuh anggota BTS telah mendapatkan dispensasi untuk menunda wajib militer, hingga mereka berusia 30 tahun. Personel tertua, Jin yang saat ini berusia 29 tahun, akan memulai persiapannya, bulan depan.

“Ketujuh personel BTS, termasuk Jung Kook yang paling muda (24 tahun) akan bersiap menjalani wajib militer,” ungkap sang agen, seperti dikutip BBC International, Senin (17/10).

BTS atau Bangtan Boys terdiri dari tujuh personel yang masing-masing bernama RM, J-Hope, Suga, Jin, V, Jungkook, dan Jimin, yang dikelola oleh Big Hit Music. Nama tersebut kemudian berakronim menjadi Beyond The Scene pada Juli 2017.

Dispensasi

Baca juga : Pak Ganjar, Urus Banjir Rob Dulu Ya...

Seluruh personel BTS mendapatkan dispensasi untuk menunda wajib militer hingga usia 30 tahun, setelah parlemen Korsel meloloskan undang-undang yang memungkinkan priviledge semacam itu.

Pengecualian tersebut hanya diberikan kepada mereka, yang dianggap sebagai aset nasional Korsel. Seperti peraih medali Olimpiade dan bintang olahraga berprestasi lainnya. Serta musisi klasik dan penari.

Dua tahun terakhir, BTS memang menjadi grup band paling ngehits sejagat. Mereka tak hanya populer karena lagu-lagunya yang bernada ceria seperti Dynamite dan Butter, tetapi juga memiliki kepedulian tinggi terhadap kesehatan mental anak muda.

Dan saat ini, mereka sudah siap menjalankan tugas luhur wajib militer.

Baca juga : Cegah Penyebaran Covid, Yang Mau Mudik Vaksin Booster Dulu ya

“Jin yang awalnya mengajukan penangguhan, telah membatalkan permintaan tersebut. Kami dan seluruh personel BTS menantikan untuk berkumpul kembali sebagai grup, di sekitar tahun 2025," jelas pihak agensi.

Agustus lalu, Menteri Pertahanan Korsel Lee Jong-sup telah memberikan sinyal kepada BTS, agar tetap bisa tampil di sela wajib militer.  "Akan ada cara untuk memberi mereka kesempatan berlatih dan tampil bersama," katanya. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.