Dark/Light Mode

Pesan DPR Ke Maruli, Ubah Gaya Militer Jadi Kekinian

Minggu, 23 Januari 2022 09:46 WIB
Mayjen Maruli Simanjuntak (Foto: Istimewa)
Mayjen Maruli Simanjuntak (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi I DPR Rizki Aulia Natakusumah mengapresiasi penunjukan Pangdam IX/Udayana Mayjen Maruli Simanjuntak menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Anak Dimyati Natakusumah ini juga mengacungi jempol langkah Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang mempromosikan Pangdam III/Siliwangi Mayjen Agus Subiyanto menjadi Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad).

Rizki yakin, Maruli dan Agus akan mampu melaksanakan tugas dengan baik. Namun begitu, dia meminta keduanya bersiap dengan baik untuk melaksanakan tugas masing-masing. Sebab, Maruli dan Agus telah ditunggu segudang tugas berat. 

Baca juga : MotoGP, Yamaha Merasa Alami Kemunduran

"TNI AD dan Kostrad merupakan dua lembaga penting bagi kesiapan tempur serta teritorial militer Indonesia. Keduanya segera bisa memberikan contoh dan teladan bagi satuan lain dan mampu bersinergi bersama," kata Rizki, dalam keterangannya, Minggu (23/1).

Dia berharap, para perwira tinggi yang baru ditunjuk mampu menerjemahkan lingkaran terkini Indonesia kepada kebijakan militer yang relevan dan sesuai dengan tupoksi masing-masing. Pasalnya, ancaman dari luar negeri bisa kapan saja bergejolak.

Baca juga : Jelang MotoGP Mandalika, Pemerintah Poles Fasilitas, Jaringan 5G, Sampai Drainase

"Kami menantikan bagaimana TNI AD mampu memberikan sokongan solid pada jangkauan parameter pertahanan Indonesia keluar, atau berbasiskan outward looking," ucap politisi Partai Demokrat ini.

Dia lalu berpesan agar Maruli dan Agus mengubah gaya militer Indonesia menjadi lebih kekinian. Prioritaskan teknologi dan tinggalkan cara-cara kuno pertahanan yang masih menerapkan sistem continental centric. "TNI harus mampu memanfaatkan kemampuan dasarnya yang sudah berpuluh-puluh tahun menjadi prioritas negara untuk merambah ke sektor pertahanan terkini, seperti siber militer," sebut dia.

Baca juga : Bikin Bingung, Polri Bakal Ubah Warna Seragam Satpam Jadi Krem

Selain itu, dia berharap, Maruli dan Agus bertugas sesuai perundangan-undangan yang berlaku. "Yang tak kalah penting adalah bahwa Pati yang baru saja ditunjuk harus seirama dengan Presiden dan Panglima TNI," harap dia. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.