Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Pak Ganjar, Urus Banjir Rob Dulu Ya...

Jumat, 27 Mei 2022 07:05 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat meninjau tanggul laut di wilayah Pekalongan dan tol tanggul laut di Semarang Demak. (Foto : Instagram @ganjar_pranowo).
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat meninjau tanggul laut di wilayah Pekalongan dan tol tanggul laut di Semarang Demak. (Foto : Instagram @ganjar_pranowo).

RM.id  Rakyat Merdeka - Banjir rob di kawasan pantai utara (Pantura) Kota Semarang, Jawa Tengah, yang terjadi sejak Senin (23/5) membuat sejum­lah wilayah terendam. Puluhan rumah dan kendaraan milik penduduk terendam.

Musibah ini berdampak negatif kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Banjir rob tersebut disinyalir membuat lang­kah politisi PDI Perjuangan yang disebut-sebut memiliki kans untuk maju sebagai calon presiden (capres), bakal tersendat.

“(Banjir) membatalkan gairah orang untuk melihat kemungkinan Ganjar jadi presiden,” ujar pengamat Rocky Gerung di akun YouTube Rocky Gerung Official yang tayang pada Rabu (25/5).

Perupadata mengunggah meme peta Jawa Tengah disertai titik-titik merah yang menunjukkan beberapa kabupaten yang dilanda banjir rob. Antara lain, daerah Kramat, Tegal dengan tinggi rob 30 cm-100 cm, Pekalongan tinggi rob 20 cm -120 cm, Kendal tinggi 30 cm -100 cm, Kota Semarang tinggi 150 cm dan Demak tinggi 30 cm -150 cm.

Baca juga : Sahabat Ganjar Gotong Royong Bantu Korban Banjir Rob Semarang

“Pantura Jateng (Jawa Tengah) dikeliling rob,” tulis Perupadata.

Ternyata, lanjut Perupadata, kabupaten lain di Jawa Tengah pun tidak terhindarkan dari banjir rob. Kata dia, setidaknya 12 daerah di wilayah Pantura Jawa Tengah diterjang air laut.

“Pengungsi terbanyak dari Kota Semarang, Kota Pekalongan dan Demak,” ujar Perupadata dalam captionya.

Dari jejak digital, saat mencalonkan diri kembali sebagai Gubernur Jawa Tengah periode kedua pada Maret 2018, Ganjar menjanjikan penanganan banjir dan rob di Kota Semarang dikerjakan secara tuntas. Yaitu, dengan membuat kolam retensi di Kelurahan Kaligawe dan Kelurahan Banjardowo, serta normalisasi Sungai Kanal Banjir Timur (KBT).

Baca juga : Pak Gub, Urus Banjir Dululah

Ternyata, tidak hanya Kota Semarang, beberapa kota di pesisir Pantura Jawa Tengah juga mengalami banjir rob.

“Janji ya tinggal janji. Banjir rob gak bisa ngatasi, mau jadi presiden,” ketus @ Marcony_Klandasan.

Menurut @Isal_Subagyo, anjar abai memprediksi banjir rob di Semarang. Padahal, kata dia, sudah ada peringatan akan ada banjir rob yang besar yang akan melanda pesisir pantai Semarang.

“Belajar dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan soal banjir, agar tidak terulang berkali-kali seperti di Ibu Kota,” kata dia.

Baca juga : PUPR Lakukan Langkah Tanggap Darurat Atasi Banjir Rob Jateng

Senada dilontarkan @Winarto_sar­sidi. Kata dia, Ganjar sudah diingatkan berulang kali soal potensi banjir rob di Semarang yang bisa terjadi kapan saja. Waktu itu, kata dia, Ganjar diharapkan mencari solusi sebelum terjadi rob.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.