Dark/Light Mode

Ucapkan Selamat Kepada Rishi Sunak

Jokowi: Saya Tunggu Di KTT G20 Bali Bulan Depan

Rabu, 26 Oktober 2022 08:20 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Instagram)
Presiden Jokowi (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mengucapkan selamat kepada Rishi Sunak, yang didaulat menjadi Perdana Menteri (PM) Inggris pada Senin (24/10).

"Selamat untuk Perdana Menteri Rishi Sunak. Mari kita bekerja sama memajukan Kemitraan Indonesia-Inggris Raya, serta mempromosikan perdamaian dan kemakmuran dunia," tutur Jokowi via Twitter, Rabu (26/10).

"Saya nantikan kehadiran Anda di KTT G20 di Bali bulan depan," imbuhnya.

Baca juga : Rishi Sunak Jadi PM Inggris, Media India Heboh

 

PM Inggris yang baru, Rishi Sunak beserta istri, Akshata Murthy. (Foto: The London Economic)

 

Rishi Sunak, yang lahir di Southampton 12 Mei 1980, adalah PM Inggris ketiga dalam dua bulan terakhir. Setelah Boris Johnson (23 Juli 1999 - 7 Juli 2022) dan Liz Truss yang hanya 45 hari menjabat sejak 6 September 2022.

Baca juga : Netizen Tak Sabar Tunggu Deklarasi Puan - Airlangga

Sebelumnya, Rishi Sunak yang merupakan alumnus Stanford Graduate School of Business (2006), menjabat Kanselir/Menteri Keuangan pada Februari 2020.

Dia kemudian mundur pada Juli 2022, di tengah kisruh kepemimpinan Johnson.

Sunak tak hanya tercatat sebagai PM Inggris termuda dalam 200 tahun terakhir, tetapi juga paling tajir melintir. 

Baca juga : Palsukan Penculikan Diri Sendiri Demi Balikan Ke Mantan

Bersama istrinya yang juga anak taipan IT India, Akshata Murthy, Sunak menempatkan diri di peringkat 222 Daftar Orang Terkaya di Inggris versi The Sunday Times pada Mei silam. Total kekayaannya kala itu, 730 juta poundsterling atau Rp 13,01 triliun.

Lewat cuitan Twitter-nya pada Senin (24/10), anggota Parlemen Inggris, Nadia Witthome mengatakan, Sunak jauh lebih kaya dari Raja Charles III. Dua kali lipatnya.

"Ingat ini, ketika Sunak mengatakan dia akan membuat keputusan sulit, yang harus dibayar masyarakat kelas pekerja," kicau Witthome. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.