Dark/Light Mode

Airlangga Ngobrol Seru Dengan Warga RI Di New York, Ini Topik Yang Diomongin...

Jumat, 28 Oktober 2022 21:30 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat memberikan sambutan dalam acara pertemuan dengan warga RI di New York, Rabu (26/10). (Foto: Humas Ekon)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat memberikan sambutan dalam acara pertemuan dengan warga RI di New York, Rabu (26/10). (Foto: Humas Ekon)

RM.id  Rakyat Merdeka - Suasana hangat mewarnai acara Temu Masyarakat Indonesia dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Konsulat Jenderal RI (KJRI) New York, Rabu (26/10).

Mengimbangi cuaca yang semakin sejuk menjelang akhir musim gugur, dan mendekati musim dingin di kota terpadat di Amerika Serikat (AS).

 

Menko Perekonomian dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam pertemuan dengan warga RI di KJRI New York, Rabu (26/10). (Foto: Humas Ekon)

 

Baca juga : Airlangga Hartarto Hadiri IPEF, Pengamat: Momentum Diplomasi Politik Dan Ekonomi

Kehangatan itu juga ditimpali dengan suguhan masakan Indonesia seperti soto betawi, sate lilit, pisang goreng, dan wedang jahe.

“Kunjungan kali ini bertujuan untuk menggalang dukungan Amerika Serikat terhadap Keketuaan Indonesia dalam G20,” ungkap Menko Airlangga dalam sambutan pembuka.

Namun, persiapan keketuaan Indonesia pada G-20 tidak menjadi satu-satunya pokok pembicaraan.

Masyarakat Indonesia di New York, juga tertarik membahas berbagai topik lain. Termasuk, situasi demokrasi di Indonesia.

Baca juga : Mau Wisata? Koper Warna Warni Saat Ini Makin Diminati

 

Diaspora RI di New York dalam acara pertemuan dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di KJRI New York, Rabu (26/10). (Foto: Humas Ekon)

 

Iklim investasi, program unggulan bagi angkatan kerja, dan visi perdagangan Indonesia ke depan juga mendapat sorotan.

Khusus isu demokrasi, masyarakat dan diaspora Indonesia di New York menyampaikan harapan, agar situasi Indonesia tetap aman, damai dan stabil. Terutama, menjelang Pemilihan Umum 2024.

Baca juga : Pertemuan Bilateral Dengan 3 Negara Di Bali, Ini Isu Strategis Yang Dibahas Sri Mulyani

Terkait isu iklim investasi dan potensi ekspor Indonesia, beberapa peserta mengutarakan harapan, agar pemerintah Indonesia dapat terus meningkatkan kapasitas para produsen nasional. Agar dapat menghasilkan komoditas unggulan yang berdaya saing di tingkat internasional.

"Program Kartu Prakerja dan kerja sama sekolah vokasi dengan pelaku bisnis, merupakan salah satu dari berbagai program unggulan nasional, yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM Indonesia,” pungkas Menko Airlangga.

Temu masyarakat ini dihadiri oleh sekitar 50 orang yang berasal dari berbagai perwakilan komunitas WNI, atau diaspora Indonesia di New York.

Seperti Nusantara Foundation, Perwakrin USA, Maesa Amerika, Paguyuban Cakra, Persadaan Bangso Batak, Keluarga Katolik Indonesia, Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan, Indonesian Senior Club, Indonesian House of New York, perwakilan dari Indonesia Professional Association dan mahasiswa yang tergabung dalam PERMIAS NYC. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.