Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Besok AS Gelar Pemilu Sela

Partai Republik Usung Calon Senator Muslim

Senin, 7 November 2022 07:05 WIB
Kandidat Senator Amerika Serikat dari Partai Republik (Pennsylvania) Mehmet Cengiz Oz. (Foto AP/Ryan Collerd)
Kandidat Senator Amerika Serikat dari Partai Republik (Pennsylvania) Mehmet Cengiz Oz. (Foto AP/Ryan Collerd)

 Sebelumnya 
Pencalonan Oz sebagai anggota Senat dari Republik diyakini bakal membuat lebih banyak Muslim mau bergabung dengan Partai Republik.

“Saya percaya ia akan membuat perbedaan besar bagi komunitas Muslim di Partai Republik, dan ini merupakan langkah awal,” ujar warga Pennsylvania yang juga seorang Muslim, Mehmet Birtek.

Baca juga : PDIP Nyari Caleg Yang Anti Korupsi

Untuk diketahui, Pemilu sela dilakukan setiap paruh pertama masa jabatan presiden. Hanya 33 atau 34 dari total 100 kursi Senat yang diperebutkan dalam pemilu sela. Selain pemilihan anggota senat, AS juga menggelar pemilu untuk memilih 435 kursi DPR.

Pemilu ini utamanya memilih anggota legislatif yang dikenal dengan Kongres. Yang mana Kongres terbagi ke dalam dua kamar, yakni Senat dan House of Representatives (DPR).

Baca juga : Anies Nyapres Dari NasDem, Riza Patria: Hubungan Kami Tetap Baik

Pemilu sela juga diadakan untuk memilih 34 dari total 50 gubernur negara bagian, ditambah gubernur Vermont dan New Hampshire yang dipilih setiap dua tahun. Jadi, total 36 gubernur dipilih dalam pemilu tersebut.

Sebagaimana presiden negara itu, anggota Senat dan gubernur memiliki masa jabatan empat tahun, kecuali gubernur Vermont dan New Hampshire.

Baca juga : Tokoh Paling Disukai Publik, Ridwan Kamil Sebut Faktor Humoris

Pemilu sela juga diadakan untuk memilih sejumlah wali kota dan kepala pemerintahan daerah lainnya. Pemilihan anggota Kongres atau Majelis Rendah adalah yang paling menyita perhatian karena erat kaitannya dengan kerja pe￾merintahan dan bahkan nasib presiden. Pasalnya, pemilu sela biasanya mengubah komposisi mayoritas-minoritas dalam Kongres.

Partai Demokrat saat ini berkuasa di AS. Selain mengisi kursi presiden yang diduduki Joe Biden, Partai Demokrat juga menguasai DPR dan Senat. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.