Dark/Light Mode

Beri Sayuran Segar Ke KPU, Partai Buruh Yakin Lolos Ke Senayan

Jumat, 12 Agustus 2022 14:18 WIB
Partai Buruh mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilu 2024 ke Kantor KPU Jumat (12/8) siang. (Foto: Istimewa)
Partai Buruh mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilu 2024 ke Kantor KPU Jumat (12/8) siang. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Buruh mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilu 2024 ke Kantor KPU Jumat (12/8) siang. Ribuan massa kader Partai Buruh longmarch dari Tugu Proklamasi menuju Kantor KPU, Jakarta Pusat.

Massa yang datang dengan baju warna oranye dan mengusung kesenian ondel-ondel ini sempat salat Jumat di halaman KPU. Mereka berdoa untuk kemenangan partai.

Selanjutnya, ribuan kader Partai Buruh yang membawa bendera partai dan bendera Merah Putih berorasi di depan kantor KPU dari atas mobil komando. Mereka mengusung poster berisi tulisan bela petani, bela buruh, bela nelayan, bela perempuan, bela rakyat jelata, dan dukungan kepada rakyat kecil lainnya. Mereka juga membawa besar bertuliskan Tolak Omnibus Law Undang-undang Cipta Kerja.

Massa sempat menyalakan flare berwarna oranye sembari juga menyanyikan sejumlah lagu nasional dan lagu-lagu buruh yang bersemangat.

Baca juga : Daftar Ke KPU Hari Ini, Partai Buruh Mau Tampil Heboh

Sekitar pukul 13.00 WIB, pimpinan Partai Buruh yang diketuai Presidennya Said Iqbal masuk ke kantor KPU. Beberapa pengurus memakai pakaian adat 34 provinsi. Ada juga yang pakai topi caping hingga membawa bakul berisikan sayuran segar.Sayuran ini diserahkan kepada Sekjen KPU, Bernad Dermawan Sutrisno.

Sekjen KPU lantas mengalungkan id tamu dan kain tenun khas Nusantara kepada Said Iqbal, Sekretaris Jenderal Ferri Nuzarli hingga Ketua Timsus Pemenangan Partai Buruh, Said Salahudin. Nampak pula Wasekjen Partai Buruh Indri Yuli Hartati.

Said Iqbal yakin Partai Buruh dokumennya sudah lengkap 100 persen. Sehingga siap dilakukan verifikasi administrasi dan faktual.

"Kami telah menyerahkan berkas. Ada 34 provinsi 100 persen, 440 kabupaten kota sudah dipenuhi, 4.682 kecamatan, anggota kami 320 ribu orang. Kami yakin akan lolos. Partai Buruh akan jadi peserta Pemilu 2024. Dan Insyaallah akan lolos mengirimkan kadernya ke Senayan," yakin Said Iqbal, Jumat (12/8).

Baca juga : Daftar Ke KPU Sabtu, Partai Republik Satu Ingin Jadi Role Model Parpol Lain

Partai Buruh didirikan karena kehadiran UU Omnibus Law Cipta Kerja. Ini kekalahan politik kelas buruh dari kelas pemodal. Partai Buruh ingin masuk ke Senayan agar bisa ikut berpartisipasi membuat undang-undang.

Partai Buruh juga akan memperjuangkan berbagai jaminan sosial untuk pekerja, buruh, nelayan, dan kelompok rakyat kecil lainnya.

"Kami berkhidmat untuk kelas bawah. Jaminan kesehatan, jaminan kerja, jaminan pensiun, hingga jaminan makanan, ini yang akan kami perjuangkan. Minimal kami akan memberikan Rp 500 ribu untuk seluruh buruh dan rakyat kecil. Partai Buruh akan memperjuangkan juga jaminan air bersih, perumahan, dan jaminan pengangguran," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Divisi Bidang Teknis KPU, Idham Holik mengatakan ada enam partai politik yang akan mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 hari ini. Keenam partai itu mendaftar di jam yang berbeda-beda.

Baca juga : Partai Garuda Yakin Kapolri Ungkap Kasus Brigadir J Secara Transparan

"Pada kesempatan ini juga saya ingin menyampaikan jadwal partai politik yang rencananya akan mendaftar ke KPU Republik Indonesia pada hari Jumat tanggal 12 Agustus 2022 ini ada enam partai politik," kata Ketua Divisi Bidang Teknis KPU, Idham Holik.

Partai Berkarya mendaftar pada pukul 09.00 WIB. Kemudian, Partai Buruh pada pukul 13.00 WIB dan Partai Suara Rakyat Indonesia (Parsindo) pukul 14.00 WIB. Kemudian Partai Republik pada pukul 14.15 WIB, Partai Ummat pada pukul 15.00 WIB dan Partai Indonesia Bangkit Bersatu pada pukul 16.00 WIB. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.