Dark/Light Mode

Kembali Bersaing Sengit Di Pemilu Sela AS

Republik Bisa Rebut DPR, Demokrat Dominasi Senat

Rabu, 9 November 2022 07:05 WIB
Pemilih menuju TPS di Rodef Shalom Congregation, Pittsburgh, 
Negara Bagian Pennsylvania, Amerika Serikat, Selasa, 8 November 2022. (Foto Quinn Glabicki/Reuters)
Pemilih menuju TPS di Rodef Shalom Congregation, Pittsburgh, Negara Bagian Pennsylvania, Amerika Serikat, Selasa, 8 November 2022. (Foto Quinn Glabicki/Reuters)

 Sebelumnya 
Di seluruh AS, para pemilih saling mengajak untuk memberikan suara dalam pemilu sela, yang secara historis memiliki jumlah pemilih yang rendah.

“Saya akan menekankan pilih, pilih, pilih!” kata mahasiswa (24) Luke Osuagwu di Atlanta, Georgia.

“Jika Anda tidak memberikan suara, Anda tidak dapat benar-benar membela masyarakat atau semacamnya. Sangat penting bahwa semua orang ikut memilih,” kata Alethia McClenton (45), karyawan Georgia Aquarium.

Baca juga : Partai Republik Usung Calon Senator Muslim

Pemilu Sela (midterm election) merupakan pemungutan suara untuk memilih anggota Kongres AS, yang terdiri atas DPR dan Senat. Yaitu memilih 435 anggota Dewan Perwakilan Rakyat, dan 33-34 anggota Senat.

Pemilu sela juga diadakan untuk memilih 34 dari total 50 gubernur negara bagian, ditambah Gubernur Vermont dan New Hampshire yang dipilih setiap dua tahun. Jadi, total 36 gubernur dipilih dalam pemilu tersebut.

Sebagaimana presiden negara itu, anggota Senat dan gubernur memiliki masa jabatan empat tahun, kecuali Gubernur Vermont dan New Hampshire.

Baca juga : Bamsoet Ajak Seluruh Elemen Bangsa Ciptakan Pesta Demokrasi Suka Cita

Dari 435 kursi DPR AS yang ada, sebagian besar dipegang dengan aman oleh partai masing-masing. Hanya sekitar 30 kursi yang diperkirakan menjadi perebutan sengit antara kedua partai.

Area-area pinggiran di kota-kota besar di negara bagian seperti Pennsylvania, California, Ohio dan North Carolina akan menjadi kunci. Di Senat AS, perebutan suara yang penting untuk diperhatikan ada di negara bagian Nevada, Arizona, Georgia dan Pennsylvania.

Karena banyak perebutan suara yang akan sangat tipis, hasil akhir pemilu sela bisa jadi baru akan diketahui secara jelas dalam beberapa hari ke depan.

Baca juga : BMK 1957 Bakal All Out Rebut Pemilih Milenial

Hasil pemilihan pada Selasa akan memiliki dampak kuat pada dua tahun terakhir kepresidenan Joe Biden, membentuk kebijakan. Mulai dari pengeluaran Pemerintah hingga dukungan militer untuk Ukraina.

Kongres AS menentukan undang-undang (UU) yang berlaku secara nasional. DPR AS memutuskan UU mana yang di-voting, sedangkan Senat bisa memblokir atau menyetujui UU itu, juga mengonfirmasi penunjukan yang dilakukan Presiden AS dan melakukan penyelidikan terhadapnya, yang tergolong sangat langka. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.