Dark/Light Mode

Ngecek Peluncuran Rudal ICBM, Kim Jong Un Ngajak Anak

Sabtu, 19 November 2022 14:19 WIB
Kim Jong-un bersama putrinya, yang diyakini bernama Kim Chu-ae saat mengecek peluncuran rudal balistik antar benua (ICBM)  Jumat (18/11). (Foto: KCNA/Reuters via BBC)
Kim Jong-un bersama putrinya, yang diyakini bernama Kim Chu-ae saat mengecek peluncuran rudal balistik antar benua (ICBM) Jumat (18/11). (Foto: KCNA/Reuters via BBC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un muncul bersama putrinya di muka publik, untuk pertama kalinya.

Mereka berdua terlihat tengah menginspeksi peluncuran rudal balistik antar benua (ICBM) terbesar di negara tersebut, yang dikutuk Amerika.

Dalam foto-foto yang dipublikasikan Kantor Berita Korut, KCNA, Kim dan putrinya yang diyakini bernama Kim Chu-ae tampak bergandengan tangan. Sambil bercakap, berbincang dengan pejabat, menginspeksi rudal, dan menyaksikan peluncuran dari dek observasi.

Terkait hal ini, Pakar Korea Utara dari Stimson Center di Washington DC, Michael Madden menilai, kemunculan Chu-ae punya arti penting bagi Sang Pemimpin Korut.

Baca juga : Korut Luncurkan Rudal ICBM Teranyar, Bisa Tembus Daratan AS

"Kim, yang merupakan generasi ketiga keluarga yang memimpin Korea Utara, menunjukkan kepada elit di negaranya, bahwa dia masih memiliki cengkeraman kuat pada kekuasaan," jelasnya kepada BBC, Sabtu (19/11).

"Ini adalah sinyal dari Kim, untuk menunjukkan bahwa penerus kekuasaan generasi keempat akan datang melalui trahnya," imbuh Madden.

Dengan begitu, menurutnya, Kim telah membantah adanya konflik dengan kelompok elit lainnya pada tahun 2021.

"Jika Anda menantang saya, Anda akan jatuh. Kira-kira begitu pesan dari Kim," cetus Madden.

Baca juga : Korut-Korsel Perang Rudal, Kita Harus Bagaimana

Dia memperkirakan, Chu-ae berusia antara 12 dan 13 tahun. Ini berarti, perlu waktu sekitar 4-5 tahun bagi Chu-ae untuk masuk universitas atau dinas militer.

September lalu, beberapa pakar Korea Utara melaporkan, Chu-ae ditampilkan dalam sebuah video di perayaan Hari Nasional negara tersebut.

Namun, itu baru sebatas spekulasi. Sebab, sejauh ini, pimpinan Korut belum mengkonfirmasi bahwa Chu-ae benar putri Kim.

Keberadaan Chu-ae pertama kali disebutkan pada tahun 2013, setelah pebasket veteran Amerika Dennis Rodman melakukan perjalanan kontroversial ke Korea Utara.

Baca juga : Jokowi Cek Penyaluran BLT BBM Di Sulawesi Tenggara

Rodman mengaku telah menghabiskan waktu bersama keluarga Kim, bersantai di tepi laut dan menggendong Chu-ae , yang kala itu masih bayi.

Para ahli meyakini, Kim  memiliki tiga anak - dua perempuan dan satu laki-laki. Chu-ae adalah yang tertua.

Namun selama ini, Kim dikenal sangat tertutup tentang keluarganya. Bahkan istrinya yang bernama Ri Sol-ju, dirahasiakan hingga beberapa saat setelah pasangan itu menikah. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.