Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Resmi Jadi Perdana Menteri Malaysia

Anwar Ibrahim Pamer Ditelepon Presiden Jokowi

Kamis, 24 November 2022 20:45 WIB
PM Malaysia Anwar Ibrahim. (Foto: Ist)
PM Malaysia Anwar Ibrahim. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perdana Menteri baru Malaysia Anwar Ibrahim melalui akun instagramnya membagikan momen saat Presiden Joko Widodo menelpon untuk mengucapkan selamat. Anwar Ibrahim pun menyampaikan terima kasih kepada Jokowi.

"Pemerintah, atas nama seluruh rakyat Indonesia, saya ingin mengucapkan selamat terpilihnya Yang Mulia sebagai Perdana Menteri ke-10 Malaysia," kata Jokowi dari balik telepon.

Anwar Ibrahim pun menyampaikan terima kasih kepada Jokowi. Pemimpin Koalisi Pakatan Harapan itu mengatakan bahwa Jokowi menjadi kepala negara yang pertama menghubunginya.

Baca juga : Ayahnya Dilantik Jadi PM Malaysia Ke-10, Putri Anwar Ibrahim Curhat Begini

"Terima kasih Presiden Indonesia Bapak Joko Widodo yang menjadi kepala negara pertama yang menghubungi saya mengucapkan tahniah," ujar Anwar Ibrahim.

Kepada Jokowi, Anwar Ibrahim juga menyampaikan bahwa Indonesia merupakan sahabat sejati. Dia pun berharap di bawah kepemimpinannya, hubungan bilateral Indonesia dan Malaysia dapat ditingkatkan.

"Saya tegaskan Indonesia merupakan sahabat sejati Malaysia dan saya mengharapkan hubungan dagang dan bisnis, investasi, budaya, dan isu pekerja dapat dipertingkatkan. Persahabatan kedua-dua semestinya diperkukuh," tutur dia.

Baca juga : Mahfud Dominasi Bursa Capres-cawapres Relawan Jokowi

Sebelumnya, Anwar Ibrahim resmi dilantik menjadi Perdana Menteri (PM) baru Malaysia. Anwar menegaskan akan menjalankan amanah yang diberikan kepadanya sebagai PM dengan kerendahan hati dan penuh tanggung jawab.

"Amanah akan dipikul dengan penuh kerendahan hati dan tanggung jawab," ucap Anwar dalam pernyataan via akun Twitter resminya, seperti dikutip pada Kamis (24/11).

"Tugas berat ini akan saya jalankan sesuai kehendak dan hati nurani rakyat bersama tim," imbuhnya, sembari menyertakan tagar berbunyi #DemiPertiwi.

Baca juga : Konsisten Fasilitasi Pesantren, Ratusan Santri di Bekasi Dukung Ganjar Pranowo Presiden 2024

Pelantikan Anwar sebagai PM Malaysia digelar di Istana Negara sekitar pukul 17.00 waktu setempat. Anwar mengucapkan sumpah jabatannya sebagai PM di hadapan Raja Malaysia atau Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.