Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gaet Nippon, Pertamina Shipping Perluas Bisnis Ke Pasar Internasional

Sabtu, 3 Desember 2022 16:41 WIB
Penandatanganan kerja sama PT Pertamina International Shipping (PIS) dengan Nippon Yusen Kaisha (NYK) di Tokyo, pada Kamis (1/12).
Penandatanganan kerja sama PT Pertamina International Shipping (PIS) dengan Nippon Yusen Kaisha (NYK) di Tokyo, pada Kamis (1/12).

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang, Heri Akhmadi menyaksikan penandatanganan kerja sama antara PT Pertamina International Shipping (PIS) dengan Nippon Yusen Kaisha (NYK) di Tokyo, pada Kamis (1/12). 

Melalui kesepakatan ini, NYK akan berinvestasi di PIS dan menjalin kolaborasi untuk mengelola bisnis angkutan gas alam cair (LNG), baik untuk pasar domestik maupun internasional. Nilai kerja sama kolaborasi bisnis antara PIS dan NYK itu mencapai US$ 500 juta atau sekitar Rp 7,7 miliar.  

Kesepakatan ini selaras dengan aspirasi PIS untuk menjadi Perusahaan Logistik Kelautan Terintegrasi Terkemuka di Asia. Khususnya, dalam memasuki lini bisnis baru serta memperluas jangkauan layanan ke pasar internasional.

Baca juga : Ini 4 Hal Penting Kembangkan Bisnis Lewat Platform Digital

“Saya yakin kerja sama timely penting untuk perluasan bisnis PIS dalam menjangkau pasar internasional serta untuk meningkatkan kapabilitas PIS. KBRI Tokyo selalu siap memfasilitasi kolaborasi seperti ini,“ kata Dubes Heri dikutip dalam keterangannya, Sabtu (3/12).

“Kerja sama ini diharapkan dapat turut memperkuat hubungan kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Jepang, terlebih lagi pada tahun mendatang Indonesia Jepang akan memperingati hubungan diplomatik yang ke 65 tahun,“ tambahnya.

CEO Pertamina, Nicke Widyawati menyampaikan, bahwa kemitraan ini merupakan kelanjutan dari hubungan dan kerja sama yang terjalin antara Pertamina dan NYK selama ini. 

Baca juga : Gaet NYK, PIS Siap Gempur Pasar LNG Internasional

“Kerja sama strategis dengan mitra berkaliber internasional seperti NYK diharapkan tidak hanya untuk meningkatkan keuntungan bisnis tetapi juga untuk meningkatkan kemampuan dan daya saing awak armada PIS di lingkungan global,“ ujar Nicke.

President dan CEO NYK Line, Hitoshi Nagasawa menekankan, kerja sama ini merupakan langkah strategis bagi NYK untuk turut berkontribusi untuk mendorong pembangunan Indonesia yang berkelanjutan dan inklusif melalui kolaborasi pada sektor transportasi energi. 

Nagasawa memastikan kesiapan NYK untuk berperan aktif dalam mengimplementasikan tujuan Peta Jalan Net Zero Emission Pertamina Group.    

Baca juga : BBM Satu Harga Pertamina Kini Hadir Di 402 Wilayah Indonesia

Penandatangan kerja sama ini dihadiri Direktur Utama PIS, Yoki Firnandi, serta perwakilan dari Kementerian BUMN RI. Turut hadir pula Chief Representative Pertamina Tokyo sekaligus Presiden Direktur PPT ET, Agus Witjaksono.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.