Dark/Light Mode

Festival Nusantara di Rusia Sedot 140 Ribu Pengunjung

Selasa, 6 Agustus 2019 08:26 WIB
Dubes Wahid Supriyadi (ketiga kanan) bersama Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X (kiri) saat menyerahkan becak kepada Penasihat Museum Ketimuran Rusia di Moskow, di acara Festival Indonesia di Moskow, Jumat (2/8 ).
Dubes Wahid Supriyadi (ketiga kanan) bersama Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X (kiri) saat menyerahkan becak kepada Penasihat Museum Ketimuran Rusia di Moskow, di acara Festival Indonesia di Moskow, Jumat (2/8 ).

RM.id  Rakyat Merdeka - Awal Agustus menjadi momen yang membanggakan bagi warga Indonesia di Rusia. Khususnya bagi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di negeri itu. Gelaran Festival Indonesia pada 2-4 Agustus di Taman Krasnaya Presnya, Moskow, sukses menyedot puluhan ribu pengunjung. Sekitar 140 ribu pengunjung memadati kawasan taman seluas 16,5 hektar itu.

Festival Indonesia merupakan rangkaian acara untuk memperingati hari Kemerdekaan RI ke- 74. Tema festival kali ini adalah “Visit Wonderful Indonesia: Enjoy Your Tropical Paradise”.

Selain memamerkan produk andalan berbagai daerah, pagelaran terbesar di kota Moskow itu, juga menampilkan berbagai pertunjukan seni dan budaya Indonesia. Salah satu di antaranya adalah kegiatan mewarnai. Stand ini merupakan yang cenderung ramai dikunjungi, terutama bagi para pengunjung yang mem- bawa anak.

Baca juga : Gowes Nusantara Padang Diikuti 5 Ribu Peserta

Dasha, salah satu warga Rusia yang menjadi sukarelawan sebagai panitia acara ini mengatakan, ia senang ikut terlibat dalam acara besar ini. Dia belum pernah ke Indonesia, tetapi sangat penasaran dengan makanan khas Nusantara.

“Saya mengetahui dan menyukai kultur Indonesia berkat pagelaran festival ini,” katanya, Minggu (4/8).

Duta Besar Indonesia untuk Rusia Wahid Supriyadi mengaku gembira dengan animo pengunjung yang besar. Dia juga senang dengan besarnya niat para vendor asal Indonesia yang ikut serta dalam festival yang sudah empat kali digelar.

Baca juga : Gowes Nusantara Kemenpora Sambangi Ternate

“Ini adalah ajang promosi Indonesia. Setiap tahunnya kita usahakan mengundang lebih banyak pegiat usaha dan pebisnis Indonesia untuk mempromosikan produk mereka,” jelas Wahid.

Kerja keras Dubes Wahid menghadirkan nuansa Indonesia di Moskow, menurut pendiri Museum Rekor Indonesia (Muri) Jaya Suprana, sangat terasa hasilnya. Dia bahkan mengatakan, kerja keras Dubes Wahid pantas mendapat penghargaan atas konsistensinya.

Penyelenggaraan Festival Indonesia didukung Kementerian Pariwisata Indonesia, Pemerintah Kota Moskow, Taman Krasnaya Presnya, dan sejumlah lembaga pemerintah, termasuk swasta dari Indonesia dan Rusia.[DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.