Dark/Light Mode

Mantan Menlu India Sushma Swaraj Meninggal Dunia

PM Modi: Babak Mulia Dalam Politik India Telah Berakhir...

Rabu, 7 Agustus 2019 09:43 WIB
PM India Narendra Modi (kanan) bersama mantan Menlu India Sushma Swaraj yang tutup usia akibat serangan jantung pada Selasa (6/8). (Foto: HT Times)
PM India Narendra Modi (kanan) bersama mantan Menlu India Sushma Swaraj yang tutup usia akibat serangan jantung pada Selasa (6/8). (Foto: HT Times)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj, meninggal dunia dalam usia 67 tahun, akibat serangan jantung, Selasa (6/8).

Sushma adalah menteri yang termasuk populer di periode pertama pemerintahan Narendra Modi. Namun, ia tak ikut dalam kontestasi pemilihan parlemen awal tahun ini.

Baca juga : Mantan PM Thailand Prem Tinsulanonda Meninggal Dunia di Usia 98

Sushma yang menjalani transplantasi ginjal pada tahun 2016, dikenal publik karena banyak membantu warga India di luar negeri, yang sulit kembali ke Tanah Air. Sushma selalu merespon setiap keluhan mereka, melalui Twitter.

"Babak mulia dalam dunia politik India telah berakhir. India berduka atas kematian pemimpin yang luar biasa, yang mengabdikan hidupnya untuk pelayanan publik, dan meningkatkan taraf hidup kaum papa. Sushma Swaraj Ji adalah salah satu dari mereka. Dia sumber inspirasi banyak orang," ungkap PM India Narendra Modi melalui akun Twitternya, @narendramodi, Rabu (7/8).

Baca juga : Mendagri: Lawan Politik Uang, Kampanye Fitnah & Provokasi

Sebagai Pemimpin Partai Bharatiya Janata, Sushma Swaraj adalah wanita kedua yang menjadi Menlu India, setelah Indira Gandhi. Wanita kelahiran 14 Februari 1952 itu terpilih tujuh kali sebagai Anggota Parlemen, dan tiga kali sebagai Anggota Mahkamah Legislatif.

Tahun 1977, saat usianya masih 25 tahun, Sushma menjadi menteri kabinet termuda di negara bagian India Utara Haryana. Ia juga menjabat sebagai Ketua Menteri Delhi ke-5, untuk masa jabatan selama setahun pada 1998. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.