Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lagi, Dubes Fadjroel Raih Juara 2 Social Media Awards 2023 Kemenlu RI

Jumat, 13 Januari 2023 20:14 WIB
Dubes RI untuk Kazakhstan dan Tajikistan, Fadjroel Rachman (Foto: Istimewa)
Dubes RI untuk Kazakhstan dan Tajikistan, Fadjroel Rachman (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Fadjroel Rachman, Duta Besar (Dubes) RI untuk Kazakhstan dan Tajikistan kembali mendapatkan penghargaan peringkat 2 Kepala Perwakilan/Head of Mission untuk kategori perwakilan umum.

KBRI Astana berada di posisi ke-9 sebagai Best Performance Mission klaster penduduk hingga 40 juta jiwa.

Penghargaan ini diumumkan dalam acara Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri (PPTM) 2023 di Jakarta, Rabu (11/1).

 

 
Dubes Fadjroel menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Luar Negeri RI dan seluruh Tim KBRI Astana, atas penghargaan yang kembali diterima pada tahun ini.

Baca juga : Happy, Dapat Social Media Awards Dari Kemlu

“Kembali saya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Luar Negeri atas penghargaan ini. Alhamdulillah, kami sudah dua kali berturut-turut berada pada posisi kedua dalam kategori ini, yaitu Social Media Awards 2022 dan 2023. Prestasi ini adalah prestasi bersama seluruh Tim KBRI Astana. Insya Allah, di masa depan, kita akan mencapai prestasi yang lebih baik," tutur Dubes Fadjroel.

Dia pun memaparkan urgensi digital diplomasi di era saat ini  untuk menyukseskan kerja-kerja diplomasi.

“Kita harus menafsir era digital sebagai peluang. Bukan sebagai beban. Oleh karena itu, diplomasi digital adalah keniscayaan di tengah masifnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi," kata Dubes Fadjroel.

Kementerian Luar Negeri secara rutin menganugerahkan Social Media Awards (SMA) bagi Perwakilan RI di luar negeri, sebagai apresiasi atas upaya Perwakilan dan Kepala Perwakilan dalam diseminasi informasi kepada publik. Khususnya di negara akreditasi, melalui platform media sosial.

Baca juga : Luis Milla Ngarep Timnas Juara Piala AFF 2022

Penilaian SMA dilakukan oleh lembaga independen yang berpengalaman, dalam melakukan penilaian dan pengembangan media sosial pemerintahan.

Tahun ini, SMA diberikan untuk tiga kategori utama, yaitu Best Performance Mission, Digital Head of Mission dan Best Growth Mission.

Kategori Best Performance Mission merupakan penggabungan nilai dari tiga kategori penilaian di tahun 2022 (Most Active Mission, Most Engaging Mission, and Best Use of Visuals), yang dibagi ke dalam tiga kelompok. Yaitu kelompok Perwakilan Rawan dan/atau Perwakilan Berbahaya (PRPB), kelompok perwakilan berpenduduk hingga 40 juta, dan kelompok perwakilan berpenduduk di atas 40 juta.

Kategori Digital Head of Mission diberikan kepada Kepala Perwakilan RI, yang memanfaatkan media digital untuk menyebarkan capaian diplomasi dan kebijakan luar negeri, yang dibagi ke dalam kelompok PRPB dan non-PRPB.

Baca juga : Gebuk Maroko 2-1, Kroasia Juara 3 Piala Dunia 2022

Kategori Best Growth Mission, dianugerahkan kepada Perwakilan RI yang pertumbuhannya paling pesat dalam pemanfaatan teknologi digital, dalam menyampaikan capaian diplomasi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.