Dark/Light Mode

Menlu AS dan Dubes Inggris Ucapin Selamat Ultah Untuk RI

Jumat, 16 Agustus 2019 19:39 WIB
Menlu AS Mike Pompeo (kiri) bersama Menlu Retno Marsudi di Jakarta. (Foto: Humas Kemenlu)
Menlu AS Mike Pompeo (kiri) bersama Menlu Retno Marsudi di Jakarta. (Foto: Humas Kemenlu)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang 17 Agustus, Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo menyampaikan ucapan selamat kepada Republik Indonesia, yang esok berulang tahun ke-74.

Dalam pernyataan resmi yang diterima RMco.id, Jumat (16/8), Pompeo menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh rakyat di negeri ini atas perayaan kemerdekaan Indonesia.

“AS dan Indonesia, tahun ini juga merayakan 70 tahun hubungan diplomatik. Kami berharap, kemitraan strategis dapat terus berlanjut, demi mepentingan rakyat Indonesia dan Amerika, serta untuk mendukung perdamaian dan kemakmuran di kawasan dan dunia,” ujar Pompeo dalam keterangan tertulisnya, Jumat (16/8).

Dalam pernyataan itu, AS juga menyampaikan apresiasi atas peran Indonesia sebagai pemimpin yang demokratis di kawasan Indo-Pasifik, dan sebagai suara penting untuk prioritas global.

Baca juga : Pengusaha, Universitas dan Kota Dessie di Ethiopia Mau Kerja Sama dengan RI

"Nilai-nilai dan kepentingan kita bersama, akan mendorong hubungan kedua negara yang lebih erat di tahun-tahun yang akan datang,” ujar Pompeo.

Dubes Owen Jenkins Ucapkan Selamat

Sementara itu, Duta Besar Inggris untuk Indonesia yang baru, Owen Jenkins juga menyampaikan ucapan selamat Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, melalui video yang diterima di Jakarta, Jumat (16/8).

"Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-74, SDM unggul Indonesia maju," ujar Jenkins, mengutip slogan perayaan HUT RI ke-74.

Baca juga : Kevin Sanjaya Ultah, Ucapan Selamatnya Jadi Trending Topic

Dalam video berdurasi 37 detik tersebut, Jenkins juga mengatakan, Inggris merasa bangga menjadi bagian dari pembangunan Indonesia selama ini.

Indonesia dan Inggris memperingati 70 tahun hubungan diplomatik pada 2019, yang dirayakan dengan berbagai agenda sepanjang tahun.

Dubes Inggris yang baru menyerahkan Surat Kepercayaan Ratu Elizabeth II kepada Presiden Joko Widodo pada 7 Agustus lalu, juga mengapresiasi pesatnya pembangunan Indonesia.

"Pesatnya laju pembangunan infrastruktur ekonomi dan sumber daya manusia adalah jembatan emas menuju Indonesia yang adil dan makmur," kata Jenkins.

Baca juga : Mengenal Pasangan PM Inggris Yang Penuh Warna

Rangkaian perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-74 diawali dengan Sidang Tahunan MPR RI, Pidato Kenegaraan dan Pidato Pengantar Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2019/2020 di Gedung MPR/DPR RI Jakarta pada Jumat (16/8). [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.