Dark/Light Mode

Dubes Iran Mohammad Azad

Hadiahkan Puisi Di Perayaan Hari Revolusi

Senin, 13 Februari 2023 06:44 WIB
Duta Besar Republik Islam Iran Mohammad Azad (kedua kiri), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kiri), mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (kedua kanan) dan Wakil Ketua 
MPR Fadel Muhammad (kanan) saat peringatan 
44 tahun kemenangan Revolusi Islam Iran di Hotel Borobudur, 
Jakarta Pusat, Jumat, 10 Februari 2023(Foto Dwi Pambudo/ Rakyat Merdeka)
Duta Besar Republik Islam Iran Mohammad Azad (kedua kiri), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kiri), mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (kedua kanan) dan Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad (kanan) saat peringatan 44 tahun kemenangan Revolusi Islam Iran di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat, 10 Februari 2023(Foto Dwi Pambudo/ Rakyat Merdeka)

 Sebelumnya 
Dubes Azad menjelaskan, dalam puisi tersebut ada poin penting mengenai eksistensi dan penciptaan manusia yang beragam baik bahasanya maupun warna kulit.

“Namun untuk saling mengenal, berinteraksi, bekerja sama dan untuk menciptakan masyarakat yang penuh kedamaian, keamanan dan kemakmuran,” jelasnya, sembari membenarkan letak kacamatanya.

Baca juga : Koalisi Perubahan Belum Mulus

“Berbekal pandangan ini dan pendekatan historis serta pepatah Indonesia ‘Tak Kenal Maka tak Sayang’ hubungan antar kedua bangsa, Iran dan Indonesia dalam berbagi area dan saling menghormati,” paparnya.

Ia melanjutkan, Iran dan Indonesia punya kebijakan politik luar negeri yang hampir sama. Indonesia menyebutnya politik bebas dan aktif, sementara Iran memiliki slogan ‘tidak memihak kepada Timur ataupun Barat’.

Baca juga : Dampingi Luhut Temui Presiden Kenya

“Iran berusaha menerapkan kebijakan yang independen terhadap Timur dan dunia Barat, dengan tetap menjaga hubungan rasional berdasarkan rasa hormat, seraya menahan diri untuk tidak mengisolasi diri dari pusat ekonomi, budaya, dan peradaban penting dunia,” jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.