Dark/Light Mode

Perayaan Ultah Kaisar Jepang Di Jakarta Meriah

Ribuan Tamu Antusias Cicipi Makanan Negeri Sakura

Sabtu, 25 Februari 2023 07:40 WIB
(Dari Kiri) Duta Besar Jepang Kiya Masahiko dan istri , Sekretaris Jenderal ASEAN, Kao Kim Hourn, Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kenji Kanasugi dan istri, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla dan istri, serta mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam perayaan
(Dari Kiri) Duta Besar Jepang Kiya Masahiko dan istri , Sekretaris Jenderal ASEAN, Kao Kim Hourn, Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kenji Kanasugi dan istri, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla dan istri, serta mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam perayaan "Hari Ulang Tahun Kaisar Jepang", di Jakarta, Kamis, 23 Februari 2023. (Foto Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang di Jakarta, menggelar perayaan ulang tahun Kaisar Naruhito yang ke-63 di Hotel Mulia, Jakarta, Kamis (23/2) malam. Ini merupakan perayaan ultah Kaisar secara meriah pertama, pasca pembatasan pandemi Covid-19.

Naruhito merupakan Kaisar Jepang ke-126. Dia dinobatkan sebagai kaisar pada 22 Oktober 2019 menggantikan sang ayah, Akihito.

Sekitar 2.000 tamu sangat antusias menghadiri perayaan tahunan ini. Mereka penasaran dengan berbagai tenant yang biasanya ikut meramaikan acara.

Berbagai masakan khas Negeri Sakura seperti tempura, yakisoba, ramen hingga nasi kare pun menjadi sasaran para tamu.

Baca juga : 114 Sekolah Di Jakarta Terima Ratusan Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 5

Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia Kenji Kanasugi merasa senang dengan perayaan ulang tahun Kaisar Naruhito ini. Karena, banyak teman dan friends of Japan yang hadir.

“Bahagia sekali. Di sini ramai. Semua ikut mendoakan kesehatan Kaisar dan kemakmuran Jepang,” ujar Dubes Kanasugi yang menyapa para tamu dengan senyum lebar di depan pintu ballroom.

Di awal perayaan, para tamu disuguhi penampilan grup taiko, genderang khas Jepang, yang beratraksi penuh semangat. Tak ketinggalan, lagu kebangsaan kedua negara juga berkumandang.

Dubes Kanasugi, dalam pidato sambutannya, menyampaikan harapan dari sang Kaisar untuk Indonesia dan dunia.

Baca juga : Sri Mulyani Tarik Minat Investor Negeri Sakura

“Beliau berharap masyarakat Indonesia dan dunia damai dan sejahtera,” ujar Dubes Kanasugi.

Momen ultah ini digelar bertepatan dengan 65 tahun hubungan diplomatik RI-Jepang. Dubes Kanasugi memaparkan rasa bahagianya atas hasil nyata kerja sama bilateral yang menghasilkan MRT (Moda Raya Terpadu).

Menurutnya, MRT telah berhasil mengubah wajah Ibu Kota jadi lebih baik. “Jepang dan Indonesia sudah bekerja sama dengan sangat dekat. Salah satu simbol kerja sama bilateral Indonesia dengan Jepang adalah MRT Jakarta. MRT sangat amat diapresiasi dan telah secara drastis mentransformasi gaya hidup banyak orang Jakarta,” lanjutnya.

Selain itu, eratnya hubungan Tokyo-Jakarta bisa dilihat dengan banyaknya perusahaan Jepang di Indonesia. Dia menyebut, saat ini ada sekitar 2.000 perusahaan Jepang yang beroperasi di Indonesia.

Baca juga : Tenang, Masih Aman Kok

“Perusahaan-perusahaan ini telah membantu mata pencaharian masyarakat Indonesia di berbagai sektor. Mulai dari energi mobil, konstruksi dekarbonisasi, dan pencegahan bencana. Hingga real estate dan pusat perbelanjaan,” bebernya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.