Dark/Light Mode

Masjid Kebanggaan Indonesia Berdiri Megah Di Osaka

Senin, 6 Maret 2023 20:20 WIB
Wapres RI Ma`ruf Amin menandatangani prasasti dalam peresmian Masjid Istiqlal Osaka, Jepang, Senin, 6 Maret 2023. (Foto Humas Wapres RI)
Wapres RI Ma`ruf Amin menandatangani prasasti dalam peresmian Masjid Istiqlal Osaka, Jepang, Senin, 6 Maret 2023. (Foto Humas Wapres RI)

 Sebelumnya 
Dalam kesempatan tersebut, Wapres menunjukkan apresiasi dan kebanggaannya atas dibangunnya masjid pertama Indonesia di Jepang.

“Alhamdulillah, saya sungguh berbahagia menyaksikan Masjid Istiqlal Osaka, sebagai masjid kebanggaan kita semua, masjid pertama dan terbesar di Jepang yang dibangun masyarakat Indonesia,” puji Wapres.

Baca juga : Hadapi Persik, Maung Bandung Kejar PSM Makassar

 “Saya mengapresiasi sumbangan pemikiran, material, maupun tenaga untuk mempromosikan kepentingan umat Islam di daerah Kansai ini," imbuhnya

Wilayah Kansai meliputi: Osaka, Kyoto, Kobe, Nara, Wakayama, Shiga dan Mie. Menurut data wilayah Kansai 2017, populasi WNItercatat sebanyak 5.679 jiwa, dan sekitar 70 persen adalah Muslim.

Baca juga : Kajol Indonesia Dukung Ganjar Bedah Basecamp Ojol Di Depok

Menurut Wapres, MOI bakal menjadi jejak Islam dalam mengukir sejarah bagi masyarakat Muslim di Osaka. Masjid yang berdiri di pusat Kota Osaka itu dapat menampung 1.500 jemaah.

 “Saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Jepang, khususnya Gubernur Osaka, yang telah memberikan dukungan atas pendirian masjid ini,” pungkasnya.

Baca juga : Kowarteg Indonesia Pendukung Ganjar Gelar Demo Masak Di Sukabumi

Sebelumnya Osaka memiliki masjid yang berdiri di daerah Nishi Yodogawa. Walaupun secara wilayah masuk kota Osaka, secara geografis cukup jauh dari pusat kegiatan pariwisata Kota Osaka tempat orang-orang Indonesia sering berkunjung. Masjid itu dinamakan Masjid Osaka Chibune dikarenakan posisinya yang dekat dari stasiun Chibune (Jalur Hanshin Osaka-Kobe).

Selain Masjid Chibune, ada juga Masjid Ibaraki di Kota Ibaraki, yang utara Kota Osaka. Namun posisinya lebih jauh lagi dari Masjid Chibune karena berjarak sekitar 1 jam jika menggunakan kereta dari Stasiun Umeda, pusat Kota Osaka.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.