Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Xi Jinping Presiden 3 Periode

Jokowi-Mega Kasih Selamat

Minggu, 12 Maret 2023 08:00 WIB
Presiden Jokowi bersama Xi Jinping. (Foto: Twitter @jokowi).
Presiden Jokowi bersama Xi Jinping. (Foto: Twitter @jokowi).

RM.id  Rakyat Merdeka - Xi Jinping resmi dilantik menjadi Presiden China untuk ketiga kalinya. Xi Jinping jadi presiden paling kuat di China setelah Mao Zedong. Presiden Jokowi dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pun memberikan selamat.

Xi Jinping menjadi presiden yang ketiga kalinya setelah 3 ribu anggota parlemen China (NPC) di Balai Besar Rakyat Agung Beijing memilih Xi Jinping menjadi presiden lagi pada Jumat (10/3) lalu. Pemungutan suara berlangsung sekitar satu jam dan penghitungan elektronik selesai dalam waktu sekitar 15 menit.

Jalan tiga periode untuk Xi Jinping terbentang lebar, setelah perubahan konstitusi China pada 2018, yang menghapus batas masa jabatan. Pemungutan suara pada lebih bersifat seremonial, karena Xi Jinping telah mengunci masa jabatan ketiga yang bersejarah sebagai Kepala Partai Komunis China dalam kongres partai besar pada Oktober lalu.

Baca juga : Jokowi Masih Kesal

Setelah terpilih kembali, Xi Jinping langsung disumpah. Dia mengangkat tangan kanannya dan meletakkan tangan kirinya di atas salinan kulit merah konstitusi China.

“Saya bersumpah akan setia pada konstitusi Republik Rakyat China, menjunjung tinggi wibawa konstitusi, menjalankan kewajiban undang-undang, setia kepada ibu pertiwi, setia kepada rakyat,” tegas Xi Jinping dalam sumpah jabatan, seperti dikutip Channel News Asia, Jumat (10/3).

Dia berjanji akan menunaikan tugasnya dengan penuh kejujuran dan kerja keras. Dalam sumpahnya yang disiarkan langsung di seluruh negeri, Xi Jinping bersumpah untuk membangun negara sosialis modern yang makmur, kuat, demokratis, beradab, harmonis, dan hebat.

Baca juga : Mewakili Presiden Jokowi, Menpora Banggakan IMI Award 2021- 2022

Xi Jinping pun mendapatkan ucapan selamat dari beberapa pimpinan negara. Salah satunya dari Presiden Jokowi.

“Selamat Presiden Xi Jinping atas terpilihnya lagi sebagai Presiden Republik Rakyat China,” ucap Jokowi, dilengkapi foto kebersamaan dengan xi Jinping, dalam akun Instagramnya.

Ia juga mengajak orang nomor satu di China itu memperkuat kerja sama demi kesejahteraan bersama, dan terus menjaga perdamaian kawasan. “Sebagai mitra strategis, mari kita lanjutkan penguatan kerja sama untuk kesejahteraan kedua negara dan melanjutkan kontribusi untuk perdamaian kawasan dan stabilitas,” ajaknya.

Baca juga : Maaf, Beras Masih Harus Impor

Tak hanya Jokowi, Mega juga memberi selamat ke Xi Jinping. Apresiasi atas keberhasilan juga diberikan atas sikap China mendorong perdamaian dunia. Terkhusus mengambil prakarsa rekonsiliasi antara Arab Saudi dan Iran.

“Keberhasilan ini senapas dengan semangat Dasasila Bandung dalam Konferensi Asia Afrika dan Gerakan Non Blok yang dipelopori Indonesia melalui kepemimpinan Bung Karno,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristianto, mengutip pernyataan Mega.

Perubahan konstelasi geopolitik di Timur Tengah tersebut, lanjut Hasto, sangat penting bagi perdamaian kawasan dan dunia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.