Dark/Light Mode

Mahasiswa Akademi Kepresidenan Rusia Antusias Icip-icip Kuliner Indonesia

Kamis, 16 Maret 2023 22:02 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Rusia Jose Tavares (kiri) mengenalkan Indonesia lewat kuliner kepaa audiens yang memadati aula Akademi Kepresidenan Rusia, Selasa, 14 Maret 2023. (Foto RM/KBRI Moskow)
Duta Besar Indonesia untuk Rusia Jose Tavares (kiri) mengenalkan Indonesia lewat kuliner kepaa audiens yang memadati aula Akademi Kepresidenan Rusia, Selasa, 14 Maret 2023. (Foto RM/KBRI Moskow)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Indonesia untuk Rusia merangkap Belarus Jose Tavares melakukan gastrodiplomasi di Akademi Kepresidenan Rusia atau Russian Presidential Academy of National Economy and Public Administration (Ranepa), Selasa (14/3).

Menurut keterangan KBRI Moskow, Kamis (16/3), gastrodiplomasi atau pengenalan Indonesia lewat kuliner dilakukan selama dua jam. Para dosen, staf, dan mahasiswa Ranepa antusias menyaksikan paparan Dubes Tavares mengenai "The art and science gastrodiplomasi Indonesia" yang merupakan bagian dari diplomasi publik atau lebih tepat diplomasi budaya.

Baca juga : Maskapai India Dan Malaysia Siap Mengudara Di Indonesia

Dubes Tavares juga menyampaikan, seperti praktik negara lain pada umumnya, Indonesia menggunakan gastrodiplomasi sebagai "soft power instrument" untuk memproyeksikan citra dan identitas Indonesia sebagai negara yang multikultur, toleran, dan menghormati perbedaan.

Gastrodiplomasi juga merupakan alat diplomasi ekonomi karena dapat mendorong ekspor produk makanan, menghadirkan gerai atau restoran Indonesia di luar negeri, dan bermanfaat bagi sektor budaya dan pariwisata Indonesia,” ujarnya.

Baca juga : Resto Yougwa Danau Sentani Senayan Park, Tempat Asyik Nyicip Kuliner Khas Papua

Sejalan dengan tersebut, Indonesia telah meluncurkan program Indonesia Spice Up the World, utamanya untuk meningkatkan perdagangan dan investasi di bidang bumbu dan herbal Indonesia.

“Indonesia adalah eksportir bumbu keempat terbesar di dunia dengan nilai 500 juta dolar AS per tahun," lanjut Tavares.

Baca juga : Presiden IBA Puji Petinju Indonesia

Untuk meningkatkan capaian tersebut, lanjutnya, perlu konsistensi komitmen, kesinambungan program, dan kreativitas dari seluruh pihak antara lain pemerintah, swasta, dan diaspora, dalam mewujudkan keberhasilan gastrodiplomasi Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.