Dark/Light Mode

Dubes Rosan Optimistis Arus Investasi AS Terus Mengalir Ke Indonesia

Jumat, 17 Maret 2023 11:21 WIB
Dubes Indonesia untuk AS Rosan Perkasa Roeslani menerima kunjungan jajaran anggota DPR lintas partai di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Washington DC, AS/Istimewa
Dubes Indonesia untuk AS Rosan Perkasa Roeslani menerima kunjungan jajaran anggota DPR lintas partai di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Washington DC, AS/Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani optimistis arus masuk investasi dari Negeri Paman Sam akan terus mengalir ke Indonesia, seiring membaiknya perekonomian nasional.

Rosan mengatakan, pada penyelenggaraan KTT G20 di Bali, November 2022, Presiden AS Joe Biden secara resmi telah mengumumkan besaran investasi AS di Indonesia, termasuk perjanjian sebesar 2,5 miliar dolar AS antara ExxonMobil dan Pertamina.

“Perekonomian Indonesia tumbuh sangat baik pada tahun 2022 sebesar 5,3 persen. Pertumbuhan ini ditopang  sektor konsumsi,  ekspor dan investasi. Investasi dari AS akan terus mengalir ke Indonesia,” kata Dubes Rosan usai menerima kunjungan jajaran anggota DPR lintas partai di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Washington DC, AS, melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (17/3).

Baca juga : Dubes RI Untuk AS Rosan Roeslani Dorong Perluasan Little Indonesia

Dubes Rosan secara eksplisit menjelaskan tentang kontribusi investasi bagi perekonomian Indonesia. 

Dia menyebutkan, pada tahun 2022 realisasi investasi AS di Indonesia sebesar 2,12 miliar dolar AS. Dia meyakini arus masuk investasi AS ke Indonesia akan terus meningkat menyusul disahkannya  Undang-Undang Cipta Kerja, Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA), dan Daftar Prioritas Investasi (DPI).

“Sebagai kekuatan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, Indonesia melingkupi 40 persen populasi penduduk dan 35 persen Produk Domestik Bruto (PDB) Asia Tenggara. Indonesia juga memiliki 272 juta jiwa penduduk yang 69 persen kelompok usia produktif,” ujarnya.

Baca juga : Maskapai India Dan Malaysia Siap Mengudara Di Indonesia

Dubes Rosan bersyukur, Presiden Biden telah menyampaikan komitmen investasi AS di Indonesia, termasuk terkait penurunan emisi karbon. Sebab, investasi di sektor ini akan membuka peluang bagi pekerja Indonesia dan membantu Indonesia mencapai net zero emission pada tahun 2060 atau lebih cepat.

AS dan Indonesia sepakat meluncurkan program Millennium Challenge Corporation (MCC) senilai 698 juta dolar AS untuk membantu mendukung pengembangan infrastruktur transportasi sadar iklim di lima provinsi dan tujuan pengembangan lainnya.

Rincian dana dalam kerja sama program MCC tersebut adalah 649 juta dolar AS disumbang AS dan 49 juta dolar AS sisanya dikucurkan  Pemerintah Republik Indonesia.

Baca juga : Bos BNI Optimistis Kredit Tetap Tumbuh Tinggi Di 2023

“Memang, kita saat ini sedang menghadapi tantangan global. Tapi saya yakin Indonesia sebagai mesin ekonomi utama di Asia Tenggara memiliki daya tarik tersendiri bagi investor AS,” tutur Dubes Rosan.

Saat ini, AS adalah investor asing nomor enam terbesar di Indonesia setelah Singapura, China, Hong Kong, Jepang dan Malaysia. 

“Kami terus menjalin kemitraan erat dan berkelanjutan dengan Amerika Serikat di segala bidang,” pungkas Dubes Rosan.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.