Dark/Light Mode

Akademisi IPB: Penyakit Jembrana Sapi Bali Tak Menular Ke Manusia

Rabu, 1 Maret 2023 22:24 WIB
Peternakan sapi. (Foto: Istimewa)
Peternakan sapi. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dosen Divisi Kesmavet dan Epidemiologi pada Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis IPB University, Denny Widaya Lukman menyampaikan, agar masyarakat tidak perlu khawatir mengkonsumsi daging sapi yang tertular penyakit Jembrana karena penyakit Jembrana tidak menular ke manusia.

"Penyakit Jembrana tidak dapat ditularkan dari sapi ke manusia, artinya penyakit ini tidak bersifat zoonotic," ungkap Denny yang juga merupakan Anggota Komisi Ahli Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat Veteriner, dan Karantina Hewan Kementerian Pertanian, Rabu (1/3).

"Jika orang berdekatan dengan sapi yang sakit atau mengkonsumsi daging sapi tertular jembrana, maka orang tidak akan tertular," imbuhnya.

Denny menjelaskan, penyakit Jembrana merupakan penyakit menular hanya pada sapi Bali (tidak menular ke sapi jenis lain) yang disebabkan oleh virus. 

Baca juga : Kementan Tegaskan Penyakit Jembrana Sapi Tidak Menular Ke Manusia

Disebutkan, penyakit Jembrana hanya ditularkan di antara Sapi Bali melalui kontak langsung atau dapat ditularkan melalui lalat.

"Jadi, jika daging berasal dari Sapi Bali yang tertular penyakit Jembrana, maka orang yang mengonsumsinya tidak akan sakit atau tertular oleh virus tersebut," ungkap Denny.

Ia pun menjelaskan, virus Penyakit Jembrana tidak tahan dengan pemasakan daging. Virus dapat dimatikan dengan pemanasan (dimasak) pada suhu minimal 55 derajat Celcius selama minimal 15 menit, artinya dengan merebus daging atau memanggang daging maka virus akan mati.

Lebih lanjut Denny menjelaskan, untuk menjamin keamanan dan kelayakan daging yang dikonsumsi masyarakat, maka daging sapi sebaiknya yang berasal dari Rumah Potong Hewan (RPH) resmi.

Baca juga : Waka BPIP Kenalkan Salam Pancasila Ke Mahasiswa UT

Menurutnya, daging tersebut berasal dari sapi yang telah diperiksa kesehatannya sebelum dipotong, serta diperiksa daging dan jeroannya oleh dokter hewan, sehingga daging dijamin kesehatan dan kebersihannya.

"Daging yang berasal dari Rumah Potong Hewan resmi ditandai dengan adanya “cap” pada permukaan daging," ungkap Denny.

Dia pun mengajak masyarakat agar konsumen tidak perlu khawatir dan takut mengonsumsi daging dengan membeli daging pada kios dan pedagang langganan atau kios resmi.

"Masaklah daging dengan baik agar kita terhindar dari kuman-kuman penyakit seperti kuman penyebab diare," imbuh Denny.

Baca juga : Atasi Persoalan Sampah, KLHK Ajak Masyarakat Bikin Kompos Mandiri

Dia pun memberikan apresiasi terhadap upaya Kementerian Pertanian (Kementan) yang bergerak cepat melakukan pengendalian Jembrana dengan melaksanakan tindakan-tindakan pengendalian dan penanggulangan PMK.

"Saya melihat pendampingan dan koordinasi secara intensif terus dilakukan, terutama dalam melakukan kegiatan KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) kepada masyarakat dan peternak agar penyakit ini segera terkendali," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.