Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lima Film Indonesia Meriahkan Chengdu-Indonesia Film Festival

Sabtu, 18 Maret 2023 11:24 WIB
Duta Besar Indonesia untuk China Djauhari Oratmangun (kedua kiri) menyatakan bahwa flm merupakan medium komunikasi yang efektif untuk memperkenalkan kehidupan masyarakat. (Foto RM/KBRI Beijing)
Duta Besar Indonesia untuk China Djauhari Oratmangun (kedua kiri) menyatakan bahwa flm merupakan medium komunikasi yang efektif untuk memperkenalkan kehidupan masyarakat. (Foto RM/KBRI Beijing)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perdana, Festival Film Indonesia digelar di Kota Chengdu, China, pada 14-19 Maret 2023. Film yang ditayangkan yakni: Trinity Traveler, Susah Sinyal, Imperfect, 66 dan Boundless.

Acara tersebut terselenggara berkat kolaborasi KBRI Beijing, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nanyang Bridge Media bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sichuan dan Kota Chengdu.

Dalam pembukaan, Duta Besar (Dubes) Indonesia  untuk China merangkap Mongolia Djauhari Oratmangun menyatakan, film merupakan medium komunikasi yang efektif untuk memperkenalkan kehidupan masyarakat di suatu negara kepada audience di negara lainnya.

"Tiga film yang diputar pada Chengdu-Indonesia Film Festival mengambil lokasi syuting di pantai yang indah di Indonesia seperti Bali, Labuan Bajo, Pantai Mahitam dan Pantai Gigi Hiu di Lampung. Dengan menonton film ini diharapkan warga China dapat menjadikan Indonesia sebagai tujuan wisata mereka," kata Dubes Djauhari Oratmangun. 

Baca juga : Dubes RI Untuk Australia Siswo Pramono, Happy Indonesia Jadi Tema Cowra Festival

Djauhari Oratmangun juga mengajak sineas China untuk melakukan syuting di Tanah  Air. Pasalnya, Indonesia memiliki aktris dan aktor yang berkualitas dan didukung dengan industri perfilman mumpuni.

Trinity Traveler menjadi film perdana yang ditampilkan pada festival tersebut. Kurang lebih 250 penonton yang terdiri dari kalangan pejabat pemerintah Provinsi Sichuan, Chengdu, Duta Besar Negara ASEAN, Akademisi dan Mahasiswa China memadati Concert Hall of Collage of Chinese and ASEAN Arts Chengdu University, Chengdu.

Kelima film Indonesia tersebut juga akan diputar di Lucky Blue Ocean International Studios IMAX Chengdu.

Di antara agenda Festival Film Indonesia, Dubes RI dan Rektor Xihua University, Liu Shugen meresmikan Pusat Kerja Sama Penelitian Internasional Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Xihua University (XHU).

Baca juga : Acungkan Jari Tengah, Ofisial Persikabo Didenda Rp 25 Juta

Kerja sama antara UNS dan XHU terjalin sejak penandatanganan nota kesepahaman antara kedua universitas pada Maret 2018. Kerja sama antara UNS dan XHU merupakan bentuk implementasi dari program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

UNS dan XHU secara bersama-sama saling mempromosikan kerja sama dalam bidang ekonomi, perdagangan, budaya, dan humaniora dalam berbagai platform dan pusat penelitian.

Selain Pusat Kerja Sama International, telah diresemikan Pusat Penelitian Budaya Bashu dan Jawa, November 2018 serta Pusat Penelitian Ekonomi dan Perdagangan Internasional, Mei 2022.

Pada kesempatan tersebut, Dubes RI dan rombongan dari perwakilan negara-negara ASEAN juga meninjau workshop membatik yang diselenggarakan secara hybrid antara mahasiswa Xihua dan UNS dengan pengajar dari UNS.

Baca juga : Tony Sucipto Gondok Persija Nggak Bisa Ditonton The Jakmania

Diakhir acara, Dubes RI dan Sekjen ASEAN China Center (ACC) mendapatkan cenderamata boneka panda yang memakai baju batik hasil karya mahasiswa XHU.

Selain mempromosikan Indonesia melalui film, KBRI Beijing juga memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mempromosikan seni budaya dan kopi Indonesia melalui side event culture yang diselenggarakan bersama dengan ASEAN China Center.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.