Dark/Light Mode

Dubes Gandi Sulistiyanto Bahas Kerja Sama Sepakbola Dengan Pebisnis Korsel

Senin, 3 April 2023 05:44 WIB
Menlu Retno Marsudi bersama Dubes Gandi Sulistiyanto dalam 
jumpa pers daring, Jumat (31/3). (Foto Tangkapan Layar)
Menlu Retno Marsudi bersama Dubes Gandi Sulistiyanto dalam jumpa pers daring, Jumat (31/3). (Foto Tangkapan Layar)

 Sebelumnya 
Dubes Gandi mengatakan, peningkatan kerja sama tidak hanya di level Pemerintah dan pebisnis. Namun yang tak kaah penting untuk meningkatkan rasa saling pengertian dari masyarakat kedua negara.

Selain membahas seputar sepak bola, Dubes Gandi dan Retno Marsudi juga membahas kesepakatan kedua negara untuk terus memperkuat kemitraan antara Indonesia-Korea, melalui banyaknya rencana kerja sama.

Baca juga : Jangan Mudik Naik Motor!

Berdasarkan catatan Kementerian Luar Negeri pada 2021-2022, terdapat 60 aktivitas kerja sama di berbagai bidang antara Indonesia dan Korsel berjalan baik. Pada 2022, kedua negara mencatat nilai perdagangan tertingginya sebesar 24,53 miliar dolar (Rp 367 triliun), naik sekitar 33 persen daripada tahun 2021.

Retno Marsudi berharap, terjadi peningkatan kerja sama perdagangan dengan Korsel tahun ini, sehingga Indonesia dapat mencapai target perdagangan sebesar 30 miliar dolar AS dari kemitraan tersebut.

Baca juga : Dubes AS Sung KimTemui Panglima TNI, Bahas Kerja Sama Militer

Retno juga menyerukan perluasan kerja sama pertahanan, termasuk transfer teknologi dan forum diskusi dalam bidang pertahanan. Mengingat, Korsel memiliki tingkat keamanan pertahanan yang paling kuat ke-4 di Asia. Khususnya dalam bidang keamanan siber. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.