Dark/Light Mode

Buntut Pertemuan Presiden Taiwan-Ketua DPR AS, Militer China Kerahkan 58 Pesawat Tempur

Senin, 10 April 2023 04:40 WIB
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen dan Ketua DPR Amerika Serikat Kevin McCarthy saat bertemu di California, Amerika Serikat, 5 April 2023. (Foto AFP)
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen dan Ketua DPR Amerika Serikat Kevin McCarthy saat bertemu di California, Amerika Serikat, 5 April 2023. (Foto AFP)

 Sebelumnya 
Insiden ini mirip dengan kejadian Agustus lalu. Setelah kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taipei, China menggelar latihan militer di sekitar Taiwan, termasuk menembakkan rudal ke perairan dekat pulau itu.

Sebelumnya, China telah memperingatkan interaksi antara AS dan Taiwan. Berdasarkan prinsip Satu China yang dianut Beijing, Taiwan merupakan bagian dari China, tetapi otonom dengan sistem pemerintahan sendiri sebagai perwujudan dari status quo.

Baca juga : Mentan Kawal Presiden Pantau Percepatan Tanam Padi Di Tuban

Taiwan memerintah secara mandiri setelah Pemerintah Republik China di bawah Kuomintang melarikan diri ke wilayah pulau itu pada 1949. Mereka dikalahkan Partai Komunis China yang kemudian mendirikan Republik Rakyat China.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Mao Ning mengatakan, dengan tetap melangsungkan pertemuan dengan Tsai dan mengacuhkan peringatan China, AS berada di jalur yang salah dan berbahaya.

Baca juga : Pertemuan Pengusaha Indonesia-China Kuatkan Hubungan Dua Negara

Menyikapi kolusi AS dan Taiwan tersebut, China akan mengambil langkah tegas untuk menjaga kedaulatan teritorialnya. Ia mengingatkan, isu seputar Taiwan adalah garis batas pertama yang tidak boleh dilangggar dalam relasi China-AS. Namun, AS dinilai telah berulang kali memprovokasi situasi melalui interaksi berulang kali dengan Taiwan, penjualan senjata, serta  kolusi militer dengan Taiwan. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.