Dark/Light Mode

Sudah Gaek Nyapres Lagi, Biden Diledekin Rusia

Kamis, 27 April 2023 05:52 WIB
Presiden Amerika Serikat Joe Biden. (Foto Twitter @Potus)
Presiden Amerika Serikat Joe Biden. (Foto Twitter @Potus)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, resmi mengumumkan niatnya mencalonkan diri dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Selasa (25/4). Biden yang sudah berusia 80 tahun mengatakan, akan nyapres untuk periode kedua dan kembali berpasangan dengan Kamala Harris.

Biden mengaku, banyak program pemerintahannya yang belum selesai di masa periode pertama. Dia pun ingin lanjut ke periode kedua, agar bisa menyelesaikan tugasnya. Namun, niat Biden ini dicemooh mantan Presiden Rusia, Dmitry Medvedev. Dia mengejek Biden sebagai “kakek pikun yang putus asa.”

Baca juga : Permudah Kebutuhan Nasabah, Bank Raya Perkuat Digitalisasi

“Kalau saya jadi anggota militer AS, saya akan membuat tas kerja palsu dan kode nuklir palsu untuk Biden. Ini untuk menghindari konsekuensi terburuk,” tulis Medvedev yang juga sekutu Presiden Rusia Vladimir Putin di Telegram dikutip AFP, kemarin.

Ejekan Medvedev ini adalah satu dari sekian banyak sindiran yang dilontarkan Moskow kepada Washington. Hubungan kedua negara ini terus memburuk sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2022.

Baca juga : Lagi, KPU Digugat Ke PN Jakarta Pusat

Pada Selasa petang (25/4) waktu AS, Biden mengumumkan pencalonannya dalam Pilpres AS 2024. Dia berpotensi kembali melawan Donald Trump, kandidat capres Republik. Biden mengatakan, dia berjuang untuk menyelamatkan demokrasi Paman Sam dari Partai Republik yang dinilainya makin ekstrem.

Jika berhasil memenangi Pilpres AS 2024 mendatang, Biden akan tetap tinggal di Gedung Putih sampai usia 86 tahun. Ia akan mencetak rekor baru dalam sejarah AS sebagai presiden tertua.

Baca juga : Aturan Lalu Lintas Lebaran Tidak Boleh Diskriminatif

Pemilihan Presiden AS dijadwalkan pada 5 November 2024. Menurut jajak pendapat nasional NBC News, 70 persen dari warga AS, termasuk 51 persen dari Demokrat, menilai bahwa Biden tidak boleh mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua, karena sudah sepuh.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.