Dark/Light Mode

Bayi Jepang Ikut Lomba Menangis

Kamis, 27 April 2023 06:39 WIB
Ritual lomba bayi menangis kembali digelar di Sensoji Temple, Jepang, 22 April 2023. (Foto AFP/Philip Fong)
Ritual lomba bayi menangis kembali digelar di Sensoji Temple, Jepang, 22 April 2023. (Foto AFP/Philip Fong)

RM.id  Rakyat Merdeka - Para orang tua di Jepang mengikutsertakan bayi-bayi mereka dalam lomba menangis. Bayi dengan suara tangisan paling kencang, dialah yang menjadi pemenang.

Puluhan bayi itu mengikuti lomba menangis pada Sabtu (22/4), yang merupakan ritual tahunan di Sensoji Temple, Tokyo, Jepang. Acara ini merupakan yang pertama dalam empat tahun setelah pandemi.

Baca juga : DIM Berbagi Bahagia Jelang Lebaran

Uniknya, para bayi itu mengenakan kostum atlet sumo. Arena lomba juga mirip dengan arena laga para atlet sumo profesional. Bayi-bayi itu digendong oleh orang tua mereka dan saling berhadapan di ring sumo.

Untuk membuat bayi menangis, panitia memiliki trik tersendiri. Salah satu panitia akan mengenakan topeng setan “Oni”. Topeng itu berwarna merah dengan tanduk panjang menjulang dan dua taring di kedua sudut bibirnya. Topeng ini dianggap sebagai salah satu topeng paling seram dan menakutkan di dunia.

Baca juga : KPK Buka Peluang Tetapkan Dito Mahendra Tersangka

Dilansir media Agence France Press (AFP), aturan pertandingan bervariasi di setap daerah. Di satu daerah, bayi yang menangis pertama kali dianggap kalah. Akan tetapi, di tempat lain, bayi yang pertama kali menangis justru dianggap sebagai pemenang.

Namun yang pasti, bayi dengan suara tangisan paling lantang akan dinyatakan sebagai pemenang oleh wasit dengan kibasan kipas kayu.

Baca juga : Presiden Keliling Bagi Sembako, Rakyat Senang

Hisae Watanabe, salah satu orang tua dari bayi mengatakan, orang tua bisa mengetahui kondisi kesehatan bayi dengan mendengarkan cara mereka menangis.

“Mungkin pada hari ini bayi-bayi itu gugup dan tidak banyak menangis. Tapi, saya ingin mendengar tangisannya yang sehat,” katanya.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.