Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dukung Diplomasi RI-Afrika, Universitas Negeri Padang Beri Beasiswa S2 dan S3 Untuk Mahasiswa Ethiopia

Sabtu, 31 Agustus 2019 08:45 WIB
Dubes RI untuk Ethiopia, Djibouti, dan Uni Afrika Al Busyra Basnur (kedua kiri) bersama Rektor UNP Prof Ganefri, PhD (kedua kanan) dalam acara kuliah umum bertema `Peluang Kerja Sama Pendidikan Indonesia dengan Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika` di Kampus UNP, Padang, Sumatera Barat, Jumat (30/8). (Foto: Istimewa)
Dubes RI untuk Ethiopia, Djibouti, dan Uni Afrika Al Busyra Basnur (kedua kiri) bersama Rektor UNP Prof Ganefri, PhD (kedua kanan) dalam acara kuliah umum bertema `Peluang Kerja Sama Pendidikan Indonesia dengan Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika` di Kampus UNP, Padang, Sumatera Barat, Jumat (30/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat akan memberi beasiswa kepada sejumlah mahasiswa Ethiopia, untuk meraih gelar Master dan Doktor mulai tahun ajaran 2020.

Semua biaya hidup dan pendidikan ditanggung oleh UNP, termasuk biaya tiket dari dan ke Ethiopia.

Pemberian beasiswa tersebut merupakan bagian dari bentuk kepedulian Indonesia, khususnya UNP, terhadap negara-negara Afrika. Juga pentingnya peningkatan hubungan Indonesia dengan Afrika, melalui kerja sama antar perguruan tinggi.

Hal itu dikatakan oleh Rektor UNP, Prof. Ganefri Ph.D dalam pertemuan dengan Al Busyra Basnur, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika di kampus UNP, Jumat (30/8).

Baca juga : Universitas Yarsi Gandeng PWI Peduli Untuk Kegiatan Sosial

Selain mengadakan pertemuan khusus dengan Rektor, Duta Besar (Dubes) Al Busyra Basnur yang akrab disapa Al, juga menyampaikan kuliah umum yang dihadiri oleh 1.000 mahasiswa, dosen dan pimpinan universitas tersebut.

Tema kuliah umum adalah “Peluang Kerjasama Pendidikan Indonesia dengan Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika”.

“Pemberian beasiswa tersebut merupakan pertama kali untuk negara-negara Afrika. Tahun berikutnya, UNP akan memberi lebih banyak lagi beasiswa kepada mahasiswa dari berbagai negara Afrika. Tidak hanya Ethiopia. Sebelumnya dan saat ini, UNP memberi banyak beasiswa kepada mahasiswa negara-negara sahabat di Asia untuk belajar di UNP,” kata Prof. Ganefri PhD.

“Pemberian beasiswa kepada mahasiswa dari negara sahabat, tentu juga dalam rangka berbagi ilmu, memperkenalkan pendidikan Indonesia dan meningkatkan people to people contact. Semuanya dalam rangka mendukung diplomasi Indonesia,” tambahnya.

Baca juga : Jokowi Perintahkan Menteri PUPR Beli Hasil Karet Warga Untuk Mengaspal Jalan

Terkait hal ini, Dubes Al mengatakan, pemberian beasiswa yang menanggung seluruh komponen biaya pendidikan oleh UNP kepada mahasiswa Ethiopia, merupakan gebrakan pertama oleh perguruan tinggi Indonesia, yang patut diberi apresiasi dan perlu diikuti oleh berbagai perguruan tinggi lain di Indonesia.

“Sepanjang pengetahuan saya, UNP adalah perguruan tinggi Indonesia pertama yang memberi beasiswa penuh kepada mahasiswa Afrika untuk belajar di Indonesia. Ini luar biasa. Apalagi, beasiswa yang ditawarkan adalah untuk program master dan doktor,” kata Dubes Al.

Komitmen UNP untuk mengembangkan program beasiswa ke negara-negara Afrika, sejalan dengan semangat diplomasi Indonesia yang memprioritaskan Afrika.

Tanggal 20-21 Agustus 2019, pemerintah Indonesia menyelenggarakan Indonesia Africa Infrastructure Dialogue (IAID) di Bali yang dibuka oleh Presiden Jokowi. Pada April 2018, pemerintah Indonesia juga menyelenggarakan Indonesia Africa Forum di Bali.

Baca juga : Makin Erat, Hubungan RI-Timor Leste di Bidang Perdagangan dan Pembangunan Infrastruktur

"Indonesia ingin menjadi bagian dari pembangunan di Afrika. Sebaliknya, Indonesia ingin Afrika menjadi bagian dari pembangunan di Indonesia," kata Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.