Dark/Light Mode

Dubes RI Untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto

Bedah Buku Hingga Bikin Bakso Di Indonesia Week Busan University

Rabu, 3 Mei 2023 07:16 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto. (Foto Ist)
Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto. (Foto Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Seoul mengadakan Festival Indonesia Week di Busan University of Foreign Studies (BUFS), 26-28 April 2023. Festival tersebut sekaligus untuk memperingati 50 Tahun hubungan bilateral Indonesia-Korea Selatan (Korsel).

Menurut Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Korsel, Gandi Sulistiyanto, kegiatan ini diharapkan dapat mempererat hubungan antara Indonesia dengan Korsel, serta mempromosikan budaya dan kuliner Indonesia di Korsel.

Indonesia Week di BUFS padat dengan berbagai kegiatan. Mulai dari kuliah umum, bedah buku hingga belajar membuat bakso.

Baca juga : Dubes Rosan Gelar Halal Bihalal Dengan Diaspora Indonesia Di Washington

“Kegiatan ini dihadiri hampir 100 peserta, terdiri dari dosen dan mahasiswa BUFS, mahasiswa Korea yang mengambil jurusan Bahasa Indonesia, dan mahasiswa Indonesia di BUFS,” jelasnya.

Dikutip keterangan tertulisnya, Senin (1/5), digambarkan rangkaian acara selalu ramai peminat.

Dalam kuliah umum dengan tema “50 Years & Beyond, Indonesia-Korea Bilateral Relations”, Dubes Sulis, sapaan akrabnya, memperkenalkan Warisan Dunia Tak Benda dari Indonesia, yaitu batik, dan keberhasilan Indonesia mempertahankan kinerja yang menjanjikan sebagai negara berkembang dengan ketahanan yang kuat.

Baca juga : Tunjuk Bintang K-Pop Jadi Duta Promosi

Dia juga menyampaikan, Indonesia merencanakan memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur dengan tujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional, mendorong investasi ke provinsi lain, dan meningkatkan output di sektor non-tradisional.

Kelar kuliah umum, peserta menikmati acara ngopi bareng, lomba mendongeng dan baca puisi, bedah buku dan membuat bakso. Lomba mendongeng dan baca puisi Indonesia diikuti mahasiswa Korsel.

Pemenangnya diberikan piagam, hadiah uang tunai, dan suvenir dari Indonesia. Dubes Sulis menyebut primadona acara Indonesia Week adalah kelas kuliner Indonesia.

Baca juga : Dubes Gandi Sulistiyanto Bahas Kerja Sama Sepakbola Dengan Pebisnis Korsel

Peserta, yang kebanyakan adalah mahasiswa, antusias mengikuti kelas singkat membuat bakso dan kuahnya.

“Acara ini sukses. Para mahasiswa berkerumun ingin mencoba membuat bakso sendiri,” tutur Dubes Sulis.

Indonesia dan Korsel telah memulai hubungan bilateral yang solid sejak pembukaan hubungan diplomatik pada Sep￾tember 1973. Pada 2023, kedua negara akan merayakan 50 tahun hubungan diplomatik. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.