Dark/Light Mode

Ngobrol Bareng Ridwan Kamil

Dubes Rosan Apresiasi Jawa Barat Jadi Destinasi Pariwisata Dan Investasi

Minggu, 7 Mei 2023 10:25 WIB
Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani (kiri) saat menerima kunjungan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Washington DC, AS/Ist
Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani (kiri) saat menerima kunjungan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Washington DC, AS/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani mengapresiasi langkah strategis yang ditempuh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil, menjadikan Jawa Barat sebagai destinasi pariwisata yang memiliki berbagai fasilitas berkelas dunia dan  investasi.

Saat ini, terdapat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido di Kecamatan Cigombong, Jawa Barat yang tumbuh menjadi pusat ekonomi kreatif terbesar di Asia Tenggara. 

Sejak diresmikan Presiden Jokowi pada Maret 2023, arus masuk investasi ke KEK Lido telah mencapai  Rp 40 triliun dan berperan strategis sebagai pusat ekonomi kreatif terbesar di Jawa Barat. 

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Jatim Gelar Pesta Rakyat Dan Parade Musik

“Saya menerima kunjungan Gubernur Jawa Barat, yang juga sahabat saya Pak Ridwan Kamil beserta rombongan. Agenda kunjungannya ke Amerika Serikat sangat padat dan penting. Tapi tidak mengurangi kesempatan bagi kami berbincang banyak hal, terutama kemajuan investasi dan destinasi pariwisata di Jawa Barat,  yang trennya terus tumbuh positif,” kata Dubes Rosan melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (7/5).

Dubes Rosan mengaku, dalam perbincangan yang diselingi guyonan khas Kang Emil, hal-hal yabg serius terasa ringan. 

Kang Emil, lanjutnya, menyebutkan bahwa  KEK Lido menawarkan theme park, villa, waterpark, technopark, hingga kawasan untuk otomotif. Keberadaan KEK Lido juga diharapkan menambah pilihan liburan bagi masyarakat Indonesia untuk menghemat devisa negara. 

Baca juga : Ridwan Kamil Apresiasi Kolaborasi Pemprov Jabar Dan PT Sasa Inti

“Kami membahas berbagai isu dengan fokus menjadikan Jawa Barat sebagai destinasi pariwisata dan investasi berkelas dunia,” jelas dia.

Pada kesempatan itu, Kang Emil menjelaskan tentang perekonomian Jawa Barat yang tumbuh 5,45 persen dan kini menjadi  salah satu destinasi investasi menarik di Indonesia. 

Capaian itu, lanjut Dubes Rosan, terlihat pada realisasi investasi di Jabar yang mencapai Rp 174,6 triliun pada tahun 2022.  Angka ini adalah yang tertinggi di Indonesia. Tentunya, ini menjadi kabar baik dan membanggakan.

Baca juga : Bukber Bareng Wartawan, Fraksi PKS DPR Ingatkan Media Harus Jadi Benteng Demokrasi Jelang Pemilu

“Saya mengapresiasi dan mendukung upaya promosi yang dilakukan Jawa Barat selama kunjungan kerja ke Amerika Serikat. Disertai serangkaian pertemuan dengan berbagai lembaga, asosiasi, selain menjadi pembicara dalam forum USABC, USINDOndan PBB,” jelas Dubes Rosan.

Menurut Dubes Rosan, pada forum di Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), New York, Amerika Serikat, Kang Emil secara panjang lebar mempresentasikan pengalamannya tentang pemanfaatan Big Data Geografis untuk kebencanaan dan sangat efektif dalam penanganan gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat.

“Kami sebagai bangsa Indonesia sangat bangga. Semoga pengalaman Jawa Barat dan aplikasi tersebut bisa menjadi sumbangsih untuk masa depan dunia yang lebih baik,” harap Dubes Rosan.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.