Dark/Light Mode

Duta Besar Uni Eropa Untuk Indonesia Vincent Piket

Perayaan Europe Day Seru Dan Meriah

Kamis, 11 Mei 2023 05:52 WIB
Dubes Vincent Piket (kanan) bersama Mentari Pertanian Syahril Yasin Limpo (kedua kiri) potong kue dalam perayaan Hari Eropa, Selasa (9/5). (Foto dok Kedubes Uni Eropa)
Dubes Vincent Piket (kanan) bersama Mentari Pertanian Syahril Yasin Limpo (kedua kiri) potong kue dalam perayaan Hari Eropa, Selasa (9/5). (Foto dok Kedubes Uni Eropa)

 Sebelumnya 
SYL melanjutkan, dalam waktu dekat, Delegasi Indonesia dan Malaysia yang dipimpin Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Wakil Perdana Menteri Malaysia Dato’Sri Haji Fadillah bin Haji Yusof akan melaksanakan misi bersama ke Brussels, Belgia, dalam rangka menyuarakan kekhawatiran tersebut.

 Mentan menuturkan, dari sisi ekonomi, Uni Eropa merupakan salah satu mitra perdagangan terbesar Indonesia, dengan nilai perdagangan mencapai lebih dari 33 miliar dolar AS pada 2022. Total investasi Uni Eropa di Indonesia tahun 2022 mencapai hampir 2 miliar dolar AS.

Saat ini, kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Uni Eropa tumbuh semakin kuat dengan adanya Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif (IEU CEPA). Mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu menambahkan, bersamaan dengan resepsi diplomatik itu, perundingan putaran ke-14 sedang berlangsung di Brussels. Penyelesaian substansi perundingan tersebut tahun ini bakal memberi jalan untuk memaksimalkan berbagai potensi ekonomi yang belum dimanfaatkan.

Baca juga : Bahas Kolaborasi Year of Culture Dengan Sri Sultan

“Suatu kehormatan bagi saya dapat bergabung bersama pada malam ini untuk merayakan Hari Eropa. Memperingati Deklarasi Schuman yang ke-73, Hari Eropa menggambarkan keberagaman, perdamaian, dan persatuan di Eropa yang terus menginspirasi komunitas global, termasuk ASEAN dan Indonesia,” tambahnya.

Sebagai sahabat sejati Uni Eropa, Indonesia akan selalu mendukung setiap upaya damai dan segala cara yang memungkinkan bagi terbukanya kesempatan penyelesaian masalah melalui jalur diplomasi.

Festival Alun-alun Eropa

Baca juga : Indonesia Siap Memanen Energi Matahari dan Angin

Sebelumnya, 6 Mei lalu, Festival Alun-alun Eropa digelar di Plaza Sudirman dan Taman Softball, Kompleks Gelora Bung Karno di Senayan, Jakarta, mulai pukul 07:00 hingga 21:30. Para pengunjung menikmati pertunjukan budaya Eropa dan serta mencicipi beragam kuliner khas Eropa.

“Eropa kaya akan beragam budaya, destinasi menakjubkan, serta teknologi dan gagasan yang inovatif. Kami senang dapat mempersembahkan semua ini di Festival Alun-Alun Eropa dalam rangka merayakan Hari Eropa dan persahabatan antara masyarakat Eropa dan Indonesia,” kata Dubes Piket dalam keterangannya di Jakarta.

“Dengan adanya festival ini, kami ingin terus mempererat persahabatan antara masyarakat Eropa dan Indonesia,” sambungnya.

Baca juga : Top! Atlet Asal Jabar Sumbang Emas Pertama Untuk Indonesia Di SEA Games Kamboja

Alun-Alun Eropa menghadirkan suasana pasar-pasar di Eropa yang meriah, menampilkan stan dari Uni Eropa dan negara-negara anggotanya. Uni Eropa adalah persatuan ekonomi dan politik dari 27 negara anggota. Bersama-sama, Uni Eropa telah membangun zona yang stabil, demokratis dan pembangunan yang berkelanjutan dengan tetap menjaga keragaman budaya, toleransi dan kebebasan individu.

27 negara anggota Uni Eropa (dalam urutan protokol) adalah Belgia, Bulgaria, Republik Ceko, Denmark, Jerman, Estonia, Irlandia, Yunani, Spanyol, Prancis, Italia, Siprus, Latvia, Lituania, Luksemburg, Hongaria, Malta, Belanda, Austria, Polandia, Portugal, Romania, Slovenia, Slowakia, Finlandia dan Swedia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.