Dark/Light Mode

Berkat Green Loan Proyek Ketenagalistrikan Di Indonesia Timur, PLN Raih Penghargaan Dari ADB

Selasa, 18 April 2023 14:55 WIB
Ilustrasi. (Dok. PLN)
Ilustrasi. (Dok. PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT PLN (Persero) mendapat penghargaan dari Asian Development Bank (ADB) atas kesuksesannya mengimplementasikan pembiayaan berbasis hasil atau Result-Based Lending (RBL) terhadap proyek energi berkelanjutan.

PLN meraih penghargaan kategori Outstanding Disbursement Achievement dan Outstanding Safeguards Implementation dari ADB.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyampaikan, PLN terus memastikan agar pembiayaan yang diperoleh PLN mampu mempercepat akselerasi akses listrik yang andal dan berkelanjutan dalam rangka mendukung transisi energi.

Baca juga : Tiga Mahasiswa FTUI Sabet Penghargaan Internasional

"Pembiayaan yang diperoleh ini bukti dukungan kepada program-program PLN, sehingga PLN juga memastikan proyek infrastruktur energi berkelanjutan ini terlaksana dengan baik," ujar Darmawan.

Darmawan juga memastikan pembiayaan proyek energi berkelanjutan dari ADB ini dapat mendukung program PLN khususnya untuk berkontribusi pada capaian-capaian Sustainable Development Goals (SDGs) perusahaan.

Serta dilaksanakan dengan safeguard yang baik untuk memastikan bahwa implementasi proyek sesuai dengan ketentuan dan standar lingkungan dan sosial di Indonesia maupun internasional.

Baca juga : Gus Halim: Program Tekad Turunkan Kemiskinan Di Indonesia Timur

Hal ini juga sejalan dengan tujuan besar Pemerintah yakni mencapai target Net Zero Emission (NZE) di 2060.

"Visi PLN ke depan tidak hanya menghadirkan listrik yang andal bagi masyarakat, tapi juga menyalurkan energi hijau yang ramah lingkungan," ujar Darmawan.

Direktur Keuangan PLN Sinthya Roesly menyampaikan PLN menerima penghargaan dari ADB atas pembiayaan RBL sebesar 600 juta dolar AS. 

Baca juga : Kemenhub Pastikan Dukung Upaya Pemberantasan Korupsi

Pembiayaan ini untuk pendanaan akses energi berkelanjutan di kawasan Indonesia Timur atau Sustainable Energy Access in Eastern Indonesia Electricity Grid Development Program.

Penghargaan ini diperoleh karena PLN dinilai mampu mengelola pembiayaan ADB dengan luar biasa, termasuk dalam mengimplementasikan aspek perlindungan lingkungan dan sosial.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.