Dark/Light Mode

Horee Arab Saudi Serahin Cek Rp 85 M Buat Korban Crane

Senin, 2 September 2019 17:36 WIB
Crane jatuh di Mekkah pada 2015 lalu. (Foto: ABC news)
Crane jatuh di Mekkah pada 2015 lalu. (Foto: ABC news)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Kerajaan Arab Saudi dikabarkan telah memberikan santunan bagi jemaah haji yang menjadi korban dalam kecelakaan akibat craneyang jatuh di Masjidil Haram, Mekkah, 11 September 2015 lalu. Jumlahnya sebesar senilai 6,133 juta dollar AS atau sekitar Rp 85,1 miliar.

Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel membenarkan, KBRI Riyadh pada akhir Agustus 2019 telah menerima cek santunan dari Khadimul Haramain as-Syarifain Raja Salman bin Abdulazis Al Saud untuk korban dan ahli waris korban kecelakaan tersebut.

Baca juga : Terbukti Terima Duit Rp 250 Juta, Bupati Kudus Resmi Jadi Tersangka

“Penasihat hukum Deputi Konsuler Kementerian Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi Mohammad Alshammeri menyerahkan cek tersebut kepada Koordinator Perlindungan Warga KBRI Riyadh Radeh Ahmad Arie di Kantor Kementerian Luar Negeri Arab Saudi di Riyadh,” katanya seperti dikutip dari situs Setkab, Senin (2/9).

Menurut dia, santunan tersebut akan diberikan kepada 36 WNI yang menjadi korban insiden crane. Jumlah itu ditentukan dari hasil verifikasi yang melibatkan tim forensik dan DVI.

Baca juga : Topan Yunani Telan Enam Korban Jiwa

Salah satu cek, masih menunggu pencocokan data paspor sehingga belum bisa diberikan. Meski begitu, dia tak menjelaskan kapan santunan-santunan itu akan diberikan kepada para korban. Agus menuturkan Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Agama di bakal berkoordinasi untuk menyelesaikan masalah administratif pemberian santunan-santunan tersebut.

"Total menjadi lengkap ada 36 cek. (Soal pemberian) dan detailnya bisa tanya ke Kemlu, " kata Agus. Agus menuturkan Indonesia menjadi negara pertama yang menerima santunan dari Saudi setelah proses yang cukup panjang selama empat tahun terakhir.

Baca juga : Air Bersih dan Sanitasi Difokuskan Kepada Korban Banjir Sultra

Untuk diketahui, musibah jatuhnya craneyang terkena hempasan angin kencang itu mencapai 100 orang meninggal dunia, dan lebih dari 200 orang cedera. Termasuk di antaranya jemaah haji asal Indonesia.

Pemerintah Arab Saudi memberikan santunan kepada keluarga korban meninggal korban cacat sebesar 1 juta SAR atau sekitar Rp 3,5 miliar. Sedang korban luka berat dan ringan mendapatkan santunan sebesar 500 ribu SAR atau sekitar Rp 1,75 miliar. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.